Home / Hukrim / Polisi Amankan 19 Calon TKW Ilegal

Polisi Amankan 19 Calon TKW Ilegal

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
TKW

TKW

NTTTERKINI.COM, Kupang – Aparat kepolisian daerah (Polda) Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat, 10 Mei 2013 mengamankan 19 calon tenaga kerja wanita (TKW) yang akan dikirim ke luar negeri di salah satu penampungan TKW di Perumnas, Kota Kupang.

Para TKW mengaku akan dikirim ke Malaysia dan dipekerjakan sebagai pembantu rumah tangga (PRT), dengan gaji Rp 850 ribu per bulan. “Rencananya, kami akan dikirim ke Malaysia untuk pekerjakan sebagai PRT,” kata salah satu TKW, Lusina Kause, 37 tahun kepada wartawan.

Dia mengaku keberangkatannya ke luar negeri dilakukan secar legal, karena miliki seluruh dokumen ketenagakerjaan, termasuk ijin orang tua. Apalagi, keberangkatanya kali bukan yang pertama kalinya. “saya sudah beberapa kali ke Malaysia dan bekerja disana,” katanya.

Baca Juga :  Kepala BKP2 NTT Tak Punya Data Kekeringan

Saat ini, dirinya sedang memroses untuk kembali bekerja lagi di negeri Jiran tersebut. “Kami sudah jalani medical test, dan beberapa yang sudah punya paspor. Kami sudah dua minggu di Kupang, siap diberangkatkan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Humas Polda NTT, Ajun Komisaris Besar Ida Pello mengatakan, pihaknya masih mendalami kasus ini. “Kasus ini masih dalam penyelidikan polisi,” katanya.

Belasan TKW yang berhasil diamankan berasal dari Kabupaten Kupang, Timor Tengah Selatan (TTS), Timor Tengah Utara (TTU) dan Kabupaten Belu.

Mereka diamankan di rumah penampungan milik PT. Harapan Mulida di Jalan Shooping Center, Kelurahan Nefonaek, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang. Selain mengamankan belasan calon TKW tersebut, polisi juga mengamankan Kepala Cabang PT Harapan Mulia, Wempy Modok. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]