Home / Hukrim / Polisi Kirim SPDP Pungli PT Pelni ke Kejati

Polisi Kirim SPDP Pungli PT Pelni ke Kejati

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Polisi saat OTT di Pelni Kupang

Polisi saat OTT di Pelni Kupang

NTTTERKINI.COM, Kupang – Subdit Tipikor Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda NTT telah mengirimkan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyelidikan (SPDP) kasus praktik pungutan liar (pungli) pada PT Pelni Cabang Kupang kepada Kejaksaan Tinggi NTT.

“Kami telah mengirimkan SPDP tersebut sejak dua hari lalu, dan saat ini penyidik masih terus melakukan penyelidikan terkait kasus ini,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda NTT Komisaris Besar Jules Abraham Abast, Rabu, 27 September 2017.

Abast menjelaskan dalam kasus praktik ini penyidik telah memeriksa sebanyak 17 orang saksi. “Ke-17 orang saksi yang diperiksa tersebut diantaranya karyawan PT Pelni, serta pegawai lepas yang bertugas di terminal Penumpang Pelabuhan Tenau Kupang, serta beberapa penumpang kapal yang telah melaporkan kepada Polda NTT,” ungkap Abast.

Baca Juga :  Adreas Hugo Parera Diperiksa KPK

Terkait dengan jumlah tersangkanya masih sebanyak 8 orang, dan salah satunya oknum pejabat Kepala Bagian Operasional pada PT Pelni Cabang Kupang berinisial HP dan KIB sebagai Staf Operasi.

Sebanyak Lima tersangka lainnya yang berstatus petugas pemungut antara lain AL, RD, GB, WL, dan NAS, serta tersangka ID sebagai Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM).

Kedelapan tersangka itu dijerat dengan aturan berbeda UU Nomor 31 Tahun 1999 juncto UU Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dengan ancaman hukuman 9-20 tahun penjara. (Mut)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]