Home / Hukrim / “Polwan” Cantik Penipu di FB Dipenjara 1,5 Tahun

“Polwan” Cantik Penipu di FB Dipenjara 1,5 Tahun

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

NTTTERKINI.COM, Kupang – Agnes Nevi Da Gomes, terdakwa kasus penipuan melalui Facebook (FB) yang menggunakan akun palsu seorang Polisi Wanita (Polwan) akhirnya di vonis 1,5 tahun penjara oleh pengadilan negeri (PN) Kupang, Selasa, 29 Januari 2013.

“Polwan” palsu itu berhasil melakukan penipuan terhadap sejumlah teman FB-nya serta empat oknum anggota polisi melalui akun jejaring sosial-nya, dengan total dana mencapai Rp 13 juta rupiah. Korban penipuan itu yakni Antonius Lada Tere, Gregorius Bily, Supryadi, Max Kain, Yanuarius Leki, dan Hendrikus Doke pada Juni hingga september 2012 lalu.

Dalam sidang dengan agenda pembacaan putusan di PN Kupang, yang dipimpin majelis hakim, Ahmad Lakoni memvonis terdakwa hukuman penjara 1 tahun, enam bulan penjara, karena terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana penipuan, seperti yang diatur dalam pasal 183 KUHP.

Baca Juga :  KPU Kesulitan Verifikasi Dukungan Paket Cristal

Perbuatan terdakwa, menurut Hakim Ahmad, terbukti memenuhi unsur menguntungkan diri sendiri, dengan menggunakan nama palsu untuk melakukan penipuan. Hakim menilai tidak ada maaf untuk menghapus perbuatan terdakwa, sehingga terdakwa sudah sepantasnya dihukum sesuai dengan perbuatannya.

Hakim juga menilai perbuatan terdakwa telah meresahkan masyarakat dan perbuatan terdakwa telah membuat orang lain mengalami kerugian hingga Rp 13 juta rupiah. “Tidak ada kata maaf bagi terdakwa, sehingga pantas untuk di hukum,” katanya.

Diketahui, Agnes dalam aksinya menggunakan akun palsu seorang polisi wanita (Polwan) yang bertugas di Polda Nusa Tenggara Timur. Modus yang digunakan Agnes ke teman-teman di akun FB-nya, bahwa dia bisa membantu membelikan motor bagus dengan harga murah. Sebanyak empat anggota polisi Polda NTT pun berhasil ditipunya dan harus kehilangan uang. (Dem)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]