Home / Wonderful Indonesia / Presiden Jokowi akan Kunjungi Sumba Barat Daya

Presiden Jokowi akan Kunjungi Sumba Barat Daya

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Markus Dairo Tallu

Markus Dairo Tallu

NTTTERKINI.COM, Kupang – Berdasarkan konfirmasi dari sekretaris pribadi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan menghadiri Festival Tenun Ikat dan Parade 1001 Kuda Sandalwood di Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu, 12 Juli 2017. Namun waktu kedatangan Presiden belum dapat dipastikan, karena harus disesuaikan dengan pembukaan Harkopnas (Hari Koperasi Nasional) di Makasar.

Hal itu disampaikan Bupati Sumba Barat Daya, Markus Dairo Talu melalui siaran pers yang dikelaurkan Humas Provinsi NTT, Selasa, 11 Juli 2017.

Markus mengatakan Pemerintah dan Masyarakat Sumba Barat Daya sangat siap menyambut kedatangan orang nomor satu di Indonesia tersebut. “Kami terus melakukan penataan kota Tambolaka untuk menyambut kedatangan Presiden. Kami juga telah mempersiapkan Rumah Budaya sebagai tempat menginap bagi Presiden, jika berkenan menginap di sini,” katanya.

Baca Juga :  Dorong Pariwisata dengan Kerja Bersama, Setia Sepanjang Masa Jadi Tema Hut Korpri ke-46

Terkait dengan kegiatan Festival Tenun Ikat Sumba dan Parade 1001 Kuda Sandalwood, Markus menegaskan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya promosi pariwisata sekaligus suatu ajakan kepada masyarakat Sumba untuk semakin mencintai budayanya. “Kain tenun Sumba semakin banyak diminati dan digunakan dalam berbagai event nasional maupun internasional,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Sumba Barat Daya, Christofel Horo mengungkapkan, dampak dari kedua kegiatan tersebut tidak dapat dilihat secara kasat mata dalam jangka pendek. “Orientasi kami adalah jangka menengah dan panjang bagi pengembangan pariwisata Sumba Barat Daya,” katanya.

Dia mengatakan penenun Sumba Barat Daya yang akan menghadiri Festival Tenun Ikat sebanyak 1.100 orang. “Jumlah ini sudah memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk kegiatan serupa di Maumere yang diikuti 1.057 penenun,” katanya lag.

Baca Juga :  Diserbu Sekjen MK se-Asia, Solo Makin Yahud

Sementara itu Event Organizer (EO) Festival Tenun Ikat dan Parade 1001 Kuda Sandalwood, Ivan Rondo mengungkapkan ada dua acara utama yang dirancang pada hari kedatangan Presiden Jokowi, diantaranya akan diadakan parade Kuda Sandalwood sebanyak 251 kuda depan SD Weekanburu.

Selanjutnya pada diadakan Festival Tenun ikat di Lapangan Galatama Tambolaka. Selain itu akan diselenggarakan acara Fashion Show Tenun Profesional dari tanggal 12- 13 Juli serta seminar tentang tenun. (*/Ado)

Komentar ANDA?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]