PT AGG Bayar Pajak Galian C ke Pemda Matim

0
190

Rekta Mendrawa

NTTTERKINI.COM, Ende – PT Agogo (AGG) yang mengerjakan ruas jalan Mukun-Belaeng- Mbazang di Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) telah membayar pajak galian C ke Pemda untuk digunakan sebagai material urukan Pilihan (Urpil) dan Timbunan.
“Material yang dihasilkan akan dibayarkan tersendiri ke pemda setempat, karena saat pengajuan pembayaran termin 100 persen, sehingga rekanan wajib melampirkan bukti pembayaran atau pelunasan biaya galian C yang sudah disetor ke Kas Daerah/Negara,” Direktur PT AGG, Rekta Mendrawa melalui siaran pers yang diterima media ini, Selasa, 11 Februari 2020.
Untuk pengerjaan ruas jalan tersebut, menurut dia, pihaknya menggunakan material galian C yang berada di Desa Kuari, Manggarai Timur. 
Untuk lokasi tersebut, lanjit dia, tanpa harus ada Ijin Usaha Pertambangan ( IUP) dari Dinas Pertambangan, karena untuk biaya sewa lokasi atau kontrak lahan langsung dibayarkan kepada pemilik lahan, tetapi untuk biaya Galian C yang diambil dari lokasi itu  dibayarkan ke Pemda.
“Kami memiliki bukti pembayaran kontrak galian yang dibayarkan kepada pemilik lahan,” tegasnya.

Sedangkan, pengurusan IUP galian C jenis Agregat yang dihasilkan dari AMP dikeluarkan oleh Dinas Pertambangan Enegri dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi NTT diperoleh setelah melalui uji ulang kelayakan.
Sementara itu, Kepala Badan Pendapatan dan Aset Provinsi NTT, Sony Libing mengatakan sesuai aturan, pajak galian C dibayarkan ke Pemda Kabupaten/kota. Walaupun lokasi galian C berada di lahan milik Pemda. 
“Di aturan jelas, pajak galian C tidak mengenal kepemilikan, tapi wilayah, sehingga dibayarkan ke Pemda kabupaten/kota,” tegasnya. (*/Ado)

Komentar ANDA?