Home / Polkam / PTUN Kupang Tolak Sengketa Pemilukada Nagekeo

PTUN Kupang Tolak Sengketa Pemilukada Nagekeo

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Ketua KPU Nagekeo, Yohanes Ardus Seda didampingi Kuasa Hukumnya, Mel Ndaumanu

Ketua KPU Nagekeo, Yohanes Ardus Seda didampingi Kuasa Hukumnya, Mel Ndaumanu

NTTTERKINI.COM, Kupang – Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Kupang menolak gugatan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Nagekeo, Bulan Lukas dan Engela Regina Wea (Bulan-Angel) terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat terkait pencoretan pasangan itu sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Nagekeo.

“Hakim sudah memutuskan menolak seluruh gugatan yang diajukan pasangan calon itu,” kata Kuasa Hukum KPU Nagekeo, Mel Ndaumanu kepada wartawan usai mengikuti persidangan di PTUN Kupang, Jumat, 5 Juli 2013.

Sidang sengketa Pemilu kepala daerah Kabupaten Nagekeo itu dipimpin hakim ketua Marianus Junias, dengan anggota Fadoly Hernanto dan Rahman Hakim Sulistyo. Dalam putusannya, menurut Mel, majelis hakim menolak seluruh gugatan yang diajukan pemohon.

Baca Juga :  Hendak Ditanya Sail Komodo, Kadis Pariwisata Kabur

Gugatan yang diajukan, menurut dia, pemohon menilai penetapan calon Bupati dan wakil Bupati Nagekeo oleh KPU setempat tidak sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. “Mulai dari pendaftaran hingga penetapan pasangan calon sudah sesuai aturan yang berlaku,” katanya.

Gugatan lainnya, lanjutnya, yakni syarat pencalonan. Dimana, pasangan calon ini menilai telah memenuhi syarat, namun sesuai hasil verifikasi KPU, pasangan calon yang diusung partai politik (Parpol) non seat ini tidak memenuhi syarat 15 persen atau 9.521 suara sah. “Syarat yang dimasukan tidak penuhi jumlah suara itu, sehingga dinyatakan tidak sah,” katanya.

Gugatan terakhir, yakni meminta PTUN Kupang untuk menunda pelaksanaan pemilukada Nagekeo pada 8 Juli 2013. “Tuntutan ini juga ditolak majelis hakim, sehingga pemilukada tetap dilaksanakan pada tanggal itu,” katanya.

Baca Juga :  DPRD Surakarta Studi Banding Pariwisata Di Kota Kupang

Ketua KPU Nagekeo, Yohanes Ardus Seda mengaku puas dengan keputusan majelis hakim PTUN Kupang yang menolak gugatan pemohon, sehingga proses pemilukada di Nagekeo tetap digelar pada 8 Juli 2013. “Senin, 8 Juli 2013 tetap dilakukan pencblosan,” katanya.

Dia mengaku semua proses dan tahapan pemilukada Nagekeo sudah dilakukan sesuai aturan yang berlaku. Dan sudah terbukti dengan penolakan majelis hakim PTUN Kupang. “Kami bekerja sesuai aturan yang ada,” katanya.

Dari 10 calon yang mendaftar ke KPU Nagekeo, hanya 7 calon yang dinyatakan memenuhi syarat, sedangkan tiga calonnya lainnya dinyatakan gugur. “Dari 10 calon, tiga calon dinyatakan gugur, karena tidak penuhi syarat pencalonan,” katanya.(Ado)

Komentar ANDA?

Tags : # # #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]