Home / Sosbud / Ratusan Pengungsi Rokatenda Kesulitan Makanan

Ratusan Pengungsi Rokatenda Kesulitan Makanan

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Gunung Rokatenda

NTTTERKINI.COM, Ende – Pengungsi akibat letusan Gunung Rokatenda di Kecamatan Maurole, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) mulai kesulitan makanan, karena belum adanya bantuan dari pemerintah setempat.

“Belum ada bantuan apa pun bagi pengungsi di Maurole,” kata Kepala Desa Mausambi, Kecamatan Maurole, Ende, Blasius Rinda, Senin, 4 Februari 2013.

Warga Pulau Palue yang mengungsi ke Kecamatan Maurole, menurut dia, ditampung di dua wilayah yakni Desa Ndondo sebanyak 70 jiwa dan Mausambi 190 jiwa. Mereka ditampung di tempat pengungsian yang dibuat secara swadaya oleh masyarakay setempat, karena belum adanya bantuan terpal dari pemerintah.

Pengungsi, katanya, membutuhkan makanan, air bersih, masker dan tenda untuk tempat pengungsian. Karena pengungsi sekarang hanya bertahan dengan memakan pisang dan ubi dari kebun warga. “Pengungsi itu hanya makan pisang dan ubi,” katanya.

Baca Juga :  Rokatenda Meletus, Warga Nagekeo dan Ende Butuh Masker

Akibatnya, sejumlah pengungsi mulai terserang penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Atas (Ispa), diantaranya lima anak-anak dan dua orang dewasa. “Belum ada petugas medis yang datang menangani pengungsi yang sakit,” katanya.

Kepala BPBD Ende, Subhan Wanda mengatakan pihaknya baru mendistribusikan bantuan masker sebanyak 2000 buah ke lima desa yang terkena dampak semburan abu vulkanik Gunung Rokatenda yakni, Kecamatan Nangapanda, Maurole, Wawaria, Maukaro dan Pulau Ende. “Kami sudah salurkan 2000 masker ke masyarakat,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]