Home / Sosbud / Ratusan Perempuan dan Anak di Kota Kupang Korban Kekerasan

Ratusan Perempuan dan Anak di Kota Kupang Korban Kekerasan

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Bilitbangda Kota Kupang

Bilitbangda Kota Kupang

NTTTERKINI.COM Kupang – Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balibangda) Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengungkapkan sepanjang tahun 2016, terdapat 965 Kasus kekerasan terjadi pada perempuan dan anak.

“Kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak masih tergolong tinggi, akibat pemahaman warga yang minim serta penerapan dan penanganan yang
tidak maksimal,” kata Kepala Balitbangda Kota Kupang, Noce Nus Loa saat membuka kajian kesetaraan gender, perlindungan anak dan pemberdayaan perempuan, Jumat, 17 November 2017.
Data 2016 menyebutkan terdapat sebanyak 965 kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak, yakni kekerasan fisik sebanyak 497, kekerasan psikis 141 kasus, korban kekerasan seksual sebanyak 123 orang, korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) 3 orang, penelataran anak sebanyak 79 kasus dan kasus kekerasan lainnya sebanyak 122 kasus.
Jumlah korban kekerasan pada jenjang usia 0-18 tahun sebanyak 239 kasus, 18-25 tahun
sebanyak 142 orang dan 25 tahun keatas sebanyak 297 kasus.
“Tingginya kasus tersebut, maka Balitbangda lakukan kajian terkait pemahaman warga tentang kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di kota Kupang,” tambah Noce.
Kesetaraan gender, menurut dia, merupakan bagian utama dari strategi pembangunan yang memberdayakan masyarakat, baik perempuan maupun laki-laki agar dapat mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan taraf hidup.
Sasaran global yang ingin di capai dadi kegiatan ini yakni mengakhiri segala bentuk diskriminasi terhadap perempuan, menghilangkan kekerasan terhadap anak dan perempuan di ruang publik maupun pribadi, termasuk perdagangan orang dan eksploitasi seksual. (Lid)

Komentar ANDA?

Baca Juga :  Kerusakan Jalan di Dermaga Feri Namangkewa Makin Parah

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]