Home / Sosbud / Ratusan Warga Palue Mulai Diungsikan

Ratusan Warga Palue Mulai Diungsikan

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Gunung Api Rokatenda masih mengepulkan asap (by Jhon Seo)

Gunung Api Rokatenda masih mengepulkan asap (by Jhon Seo)

NTTTERKINI.COM, Maumere – Sebanyak 120 warga Pulau Palue, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu, 11 Agustus 2013 mulai dievakuasi ke Kota Maumere, ibu kota kabupaten tersebut, akibat letusan gunung Rokatenda.

“Ada dua kapal yang evakuasi warga empat desa yang terkena dampak semburan gunung Rokatenda,” kata Wakil Bupati Sikka, Paolus Non Susar di Maumere, Minggu, 11 Agustus 2013.

Gunung Rokatenda di Pulau Palue, Kabupaten Sikka meletus, Sabtu, 10 Agustus 2013 dan menyemburka abu vulkanik dengan ketinggi antara 1500 Р2000 meter dari puncak Rokatenda. Letusan itu menyebabkan lima warga desa Rokirole tewas tersapu awan panas.

Baca Juga :  Bentrok Reda, Warga Mulai Kembali ke Rumah

Ratusan warga empat desa di Pulau Palue itu dievakuasi menggunakan dua kapal motor. Dua kapal itu juga mengangkut tiga jenasah yang ditemukan tewas.

Menurut dia, jumlah penduduk di Pulau Palue mencapai 10 ribu jiwa yang terdiri dari delapan desa, namun hanya empat desa yang terkena dampak yakni Nitunglea, Rokirole, Lidi dan Kesokoja dengan jumlah penduduk 5.315 jiwa, terdiri dari desa Lidi, 1430 jiwa. Nitunglea, 1068 jiwa, Rokirole, 1.501 jiwa, dan Kesokoja 1316 jiwa.

Dari jumlah itu yang sudah diungsikan sejak Oktober 2013 di Maumere sebanyak 375 kepala keluarga atau 1337 jiwa. Sedangkan Kabupaten Ende, 407 kk, atau 1.417 jiwa.

Evakuasi masih akan terus dilakukan, dan pemerintah telah mengirim dua kapal lagi untuk lakukan evakuasi warga empat desa itu. “Ada dua kapal lagi yang dikirim ke Palue untuk jemput warga,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : # # #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]