Rendah, Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Badan

0
420
Laporan pajak badan dan perusahaan
Laporan pajak badan dan perusahaan

NTTTERKINI.COM, Kupang – Tingkat kepatuhan wajib pajak badan atau perusahaan masih rendah di Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Penyampaian pajak badan atau perusahaan masih sangat rendah,” kata Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi II KPP Kupang, Yohan Suharsoyo saat sosialisasi Spt Tahunan Badan, Jumat, 26 April 2019.

Data KPP Kupang, jumlah wajib pajak terdaftar 15.641, namun yang berstatus wajib Surat Pemberitahuan Tahun (SPT) berjumlah 6.668 dan yang telah menyampaikan Spt Tahunan Badan hanya 21,67 persen atau 1.445 yang terdiri dari 382 wajib pajak menyampaikan laporan secara manual dan 1.063 secara online.

Ketua Real Estate Indonesia (REI) NTT, Bobby Pitoby mengatakan pajak menjadi suatu kewajiban bagi pelaku usaha, sehingga wajib pula untuk dilaporkan, namun rendahnya tingkat kepatuhan juga dapat disebabkan ketidaktahahuan dan minim informasi terkait cara pengisian dan penyampaian pajak perusahaan.

“Rendahnya kepatuhan wajib pajak untuk menyampaikan laporan pajak bisa juga karena minim Informasi dan ketidaktahuan tata cara pengisian,” kata Bobby Pitoby.

Upaya meningkatkan kepatuhan melaporkan pajak badan, KPP Kupang dan REI NTT melakukan sosialisasi bersama dengan seluruh pelaku usaha terkait tata cara pengisian dan penyampaian Spt Tahunan penghasilan (PPh) Badan sebelum batas waktu 30 April 2019. (Lid)

Komentar ANDA?