Home / Ekbis / Revolusi Industri 4.0, Pekerja Wajib Miliki Kompetensi

Revolusi Industri 4.0, Pekerja Wajib Miliki Kompetensi

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Agatha WidianawatI

NTTTERKINI.COM, Kupang – Kepala Bagian Hukum dan Kerjasama Luar Negeri Direktorat Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Ditjen PHI dan Jamsos) Kemetrian Ketenagakerjaan RI, Agatha Widianawati mengatakan revolusi industri 4.0 di era digital, pekerja atau buruh harus memiliki kompetensi, skill dan pengetahuan agar mampu menjawab kebutuhan industri kekinian.

“Pekerja atau buruh dituntut memiliki skill, kompetensi dan pengetahuan agar dapat menjadi bagian dari perubahan dunia kerja dalam revolusi industri era digital,” kata Agatha saat membuka forum dialog ketenagakerjaan international,  Kamis, 14 Maret 2019.

Ia menjelaskan, revolusi industri 4.0 berbasis teknologi informasi secara otomatis menghilangkan pekerjaan konvensional dan melahirkan sejumlah pekerjaan baru yang memiliki karakter yang berbeda dengan pekerjaan lama.

Baca Juga :  Realisasi Belanja Pemerintah Dongkrak Ekonomi NTT

Selain itu mengubah relasi industri dari bentuk terikat menjadi kemitraan, seperti hubungan kerja di industri transportasi online, tidak memiliki keterikatan dengan perusahaan dan
waktu kerjanya fleksibel.

Kepala Dinas Koperasi Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nusa Tenggara Timur (NTT), Sisilia Sona mengatakan pemerintah ikut menyiapkan tenaga kerja dengan mengantisipasi kebutuhan akan skill yang baru dengan menyiapkan sejumlah program pelatihan kerja berbasisis kompetensi yang di sesuaikan dengan kebutuhan industri masa kini.

“Pemerintah NTT terus berupaya melakukan dan mempersiapkan tenaga kerja berkompetensi dengan memiliki skill agar mampu menjadi angkatan kerja yang mampu bersaing,” kata Sisilia.

Forum dialog ketenagakerjaan internasional bidang hubungan industrial membahas perkembangan ekonomi digital dan dampak hilangnya pekerjaan konvensional yang diganti dengan jenis pekerjaan baru berbasis teknologi, serta peran pemerintah memberi perlindungan kerja melalui regulasi. (Lid)

Share Button
Baca Juga :  ASN Kota Kupang Dijamin Dana Taspenlife

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]