Home / Pendidikan / Ribuan Guru di NTT Belum Tersertifikasi

Ribuan Guru di NTT Belum Tersertifikasi

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Seorang guru sedang mengajar di salah sati sekolah di Kota Kupang

Seorang guru sedang mengajar di salah sati sekolah di Kota Kupang

NTTTERKINI.COM, Kupang – Dari total 82 ribu guru di Nusa Tenggara Timur (NTT) masih banyak yang belum tersertifikasi. Tahun 2013 ini, pemerintah hanya alokasikan 21.594 guru yang akan menjalani uji kompetensi secara online. Sedangkan sisanya belum tersertifikasi.

“Untuk tahun ini hanya 21.594 guru yang akan ikut uji kompetensi yang akan dilaksanakan awal Juni 2013,” kata Kepala Lembaga penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) NTT, Minhajul Ngabidin kepada wartawan, Selasa, 21 Mei 2013.

Menurut dia, jumlah guru peserta uji kompetensi ini terbilang kecil, jika dibandingkan dengan total jumlah guru di NTT yang belum tersertifikasi. Pelaksanaan uji kompetensi tahun ini, katanya, sudah mengalami penundaan sebanyak tiga kali. Awalnya dijadwalkan pada Februari 2013, ditunda ke April dan tunda lagi ke Mei 2013. “Nah, sekarang akan dilaksanakan pada bulan Juni 2012,” katanya.

Baca Juga :  Nyanyi dan Drum Band Hilangkan Stres Siswa

Dia mengakui ada kendala pelaksanaan uji komptensi guru secara online di NTT, terutama bagi guru-guru yang bertugas di daerah terpencil. Karena ketiadaan jaringan internet dan sarana prasrana penunjang seperti komputer. Misalnya, Kabupaten Sabu Raijua. “Daerah itu juga tidak bisa menggelar uji kompetensi tahun sebelumnya, karena alasan itu,” katanya.

Tujuan sertifikasi guru ini, katanya, sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui mutu guru dan peningkatan kesejahteraan guru. “Jadi kalau dikatakan guru, maka didalamnya sudah termasuk kepala sekolah dan pengawas,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]