Home / Sosbud / Rohaniawan: Calon Pemimpin Harus Menjadi Teladan

Rohaniawan: Calon Pemimpin Harus Menjadi Teladan

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

RD Geradus Duka

NTTTERKINI.COM, Kupang – Vikaris Jenderal (Vikjen) Keuskupan Agung Kupang (KAK) RD Gerardus Bernadus Duka mengatakan calon pemimpin harus menjadi teladan bagi banyak masyarakat.

“Calon seorang pemimpin ini kan masuk dalam kategori publik figur. Jadi sebagai seorang publik figur dia harus menjadi teladan atau contoh dalam semua hal dari segi moralitasnya,” kata Geradus kepada wartawan, Rabu, 8 Februari 2018.

Berbicara soal teladan,  kata dia, maka terkakt dengan moralitas,  bukan soal  tentang kebaikan dan keburukan saja, tetapi tentang bagaimana kesaksian hidup bagi seorang pemimpin di tengah-tengah masyarakat yang dipimpin.

“Jadi kepemimpinan itu bukan dari pemimpin sendiri, tetapi dari masyarakat yang mempunyai kedaulatan yang mana kedaulatan itu diberikan kepada seorang yang adalah pemimpin,” ujarnya.

Baca Juga :  Kekeringan, Sumba Timur Terancam Rawan Pangan

Pemimpin, kata dia, harus bisa menjalankan fungsi-fungsi sebagai seorang pemimpin dan yang paling pertama adalah memahami tentang kebutuhan masyarakat lalu mengambil sikap atau tindakan yang sesuai dengan prinsip kebaikan umum.

Pemimpin dalam konteks umum, lanjut dia, merupakan manusia yang dianggap mempunyai integritas dan dianggap mempunyai komitmen dan boleh juga dianggap sebagai orang yang bisa menjadi teladan atau contoh bagi banyak orang.

“Jika kita kurangi dalam spesifikasi bahwa dia itu pemimpin publik atau politik, maka dia juga harus menyesuaikan dengan lingkup di mana dia ada,” katanya.

Gerardus menambahkan seorang pemimpin yang hidup dalam konteks politik, pertama harus menunjukan komitmen dan integritas sebagai seorang pemimpin dalam membangun bersama masyarakat.

Baca Juga :  Keluarga Lamaholot Gelar Natal Bersama di Kupang

“Supaya masyarakat yang dipimpin itu boleh merasakan satu kehidupan yang baik dan layak,” pungkas Gerardus. (Lid)

Share Button

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]