Home / Sosbud / Rokatenda Meletus, Warga Nagekeo dan Ende Butuh Masker

Rokatenda Meletus, Warga Nagekeo dan Ende Butuh Masker

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Gunung Api Rokatenda

NTTTERKINI.com, Ende – Warga di dua kabupaten yakni Nagekeo dan Ende membutuhkan masker, setelah wilayah mereka di hujani abu vulaknik akibat meletusnya Gunung Api Rokatenda di Pulau Palue, Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Warga disana membutuhkan masker untuk menutupi wajah mereka, sehingga tidak mudah terserang penyakit akibat abu vulkanik,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTT Tini Thadeus, Senin, 4 Februari 2013.

Gunung Rokatenda di Pulau Palue, Sikka, meletus, Sabtu, 2 Februari 2013 sekitar pukul 11.45 Wita sebanyak dua kali dan mennyebabkan gempa yang cukup besar yang membuat warga panik.

Hujan abu vulkanik menutupi atap rumah warga, lahan pertanian dan jalan-jalan di dua kabupaten itu, sehingga warga kesulitan beraktivitas.

Baca Juga :  18 Hari Ditutup, ASDP Buka Pelayaran di NTT

Saat ini, menurut dia, warga kesulitan masker untuk menutupi wajah mereka dari hujan abu vulkanik yang dapat menyebabkan sesak napas. “Warga mulai keluhkan ketiadaan masker,” katanya.

Dia mengatakan, BPBD telah melakukan koordinasi agar mengambil masker dari toko atau rumah sakit untuk menyelamatkan nyawa warga di dua kabupaten itu. “Kami sudah minta untuk mengambil masker di toko atau rumah sakit. Utang dulu, nanti baru dibayarkan,” katanya.

Gunung Rokatenda atau juga disebut Gunung Paluweh, adalah sebuah gunung berapi yang terletak di Pulau Palu’e, sebelah utara Pulau Flores. Gunung yang bertipe strato ini merupakan lokasi tertinggi di Pulau Palu’e dengan ketinggian 875 meter.

Baca Juga :  Penumpang Kapal Karam di Sikka Berhasil Dievakuasi

Letusan terhebat terjadi pada 4 Agustus-25 September 1928, yang sebagian besar terjadi karena tsunami menyusul gempa. Letusan terakhir terjadi pada 23 Maret 1985 dengan embusan abu mencapai 2 km dan lontaran material lebih kurang 300 meter di atas puncak. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]