Rote Gagal Tetapkan APBD Karena Bupati Tak Pernah Hadiri Sidang

0
3822

DPRD Rote Ndao

NTTTERKINI.COM, Kupang – Pemerintah dan DPRD Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT) gagal tetapkan APBD tahun anggaran 2020. Hal itu disebabkan ketidakhadiran Bupati Rote Ndao, Paulina Haning Bulu selama persidangan pembahasan anggaran 2020 di DPRD Rote Ndao.
Hal itu terkuak saat Pemerintah daerah dan DPRD Rote Ndao melakuan konsultasi ke Penerintah provinsi NTT untuk menerbitkan peraturan Bupati, Senin, 13 Januari 2020.
“Sejak penyampaian nota keuangan hingga sampai pembahasan di gabungan komisi, bupati tidak pernah hadiri sidang pembahasan anggaran,” kata Wakil Ketua DPRD Rote Ndao, Paulus Henuk.
Menurut dia, sesuai tatib DPRD Rote Ndao No1 tahun 2019 pasal 107 ayat 4 menyebutkan dalam rapat paripurna DPRD Rote Ndao, Bupati wajib menghadirinya.  “Itu jelas, tapi faktanya ibu bupati tidak pernah hadir sidang di DPRD,” katanya.
Ketua DPRD Rote Ndao, Alfred Saudila mengatakan kedatangan ke pemprov NTT bukan untuk mengurus masalah antara Pemkab dan DPRD Rote Ndao, namun karena ada kegagalan pembahsan dan penetapan APBD 2020, sehingga kedatangan untuk membahas terkait peraturan kepala daerah. 
“Karena ada kegagalan prmbahasan anggaran, maka kami datang untik konsultasi peraturan bupati terkait anggaran 2020,” ujarnya.
Terkait sikap DPRD Rote Ndao, kata dia, tahapan pembahasan sudah dilakukan, namun tak ada kata sepakat, dan waktu yang tidak cukup, sehingga gagal ditetapkan.
Kunci persoalan, lanjut dia, hanya di dinamika anggaran.m, karena ada sejumlah anggaran yang di drop. “Ada sekitar 5 item yang didrop, karena beda pendapat antara DPRD dan Pemkab Rote Ndao,” katanya.
Sementara Bupati Rote Ndao, Paulina Haning Bulu yang hendak dikonfirmasi wartawan terkesan menghindar. Dia memilih secepatnya menuju ke mobilnya yang sudah menunggu di deoan kantor Gubernur NTT. Bahkan, seorang wartawan yabg hendak menyalaminya ditepis sang bupati itu. (Ado)

Komentar ANDA?