Home / Ekbis / Rote Ndao Terancam Gelap Gulita

Rote Ndao Terancam Gelap Gulita

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
PLN

PLN

NTTTERKINI.COM, Kupang – Cuaca buruk yang melanda Nusa Tenggara Timur (NTT) menyebabkan pendistribusian Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk melayani kebutuhan listrik di Rote Ndai terhambat, karena ketiadaan pelayaran. Akibatnya Rote Ndao terancam gelap gulita.

Stok BBM jenis Solar untuk mesin pembangkit listrik mulai menipis dan hanya bisa melayani kebutuhan listrik hingga Kamis, 30 Januari 2014. “Stok Solar untuk listrik di Rote hanya cukup untuk tiga hari kedepan,” kata Humas PLN wilayah NTT Paul Bolla, Rabu, 29 Januari 2014.

Menurut dia, PLN sudah melakukan koordinasi dengan Syabandar agar bisa mengirimkan BBM ke pulau tersebut. Namun syabandar tidak mengijinkan untuk melakukan pelayaran, karena cuaca buruk. “Kami juga sudah meminta pemerintah setempat untuk mencari solusi mengatasi keterbatasan BBM itu,” katanya.

Baca Juga :  Koteka Laris Manis di Pameran Harganas

PLN Rote, menurut dia, membutuhkan 11 ton BBM Solar per hari untuk melayani kebutuhan listrik di pulau itu. Namun, saat ini stok BBM Solar di PLTD Ba’a, hanya tersisa 43 ton atau hanya cukup hingga Kamis, 30 Januari 2014. “Kami hanya bisa berharap cuaca segera membaik agar PLN bisa melakukan pengiriman BBM untuk menambah stok di Rote,” katanya.

Mengantisipasi cuaca buruk ini, lanjutnya, maka PLN berencana meminjam stok solar milik pihak ketiga yang ada di Rote untuk menjaga pasokan listrik tetap menyala. “Kami juga terus berupaya agar bisa menyalurkan BBM ke pulau itu,” katanya.

Upaya lain yang akan dilakukan PLN yakni mengurangi jam nyala listrik dari 24 jam menjadi 20 jam atau 18 jam perhari. “Pengurangan jam nyala bisa dilakukan sejak jam 01.00 Wita hingga 07.00 Wita,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]