Home / Kesehatan / RS di Kota Kupang Belum Miliki Ijin Olah Sampah Medis

RS di Kota Kupang Belum Miliki Ijin Olah Sampah Medis

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Theodora Taek

NTTTERKINI.COM, Kupang – Wakil ketua komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Theodora Ewalde Taek mengatakan semua Rumah Sakit (RS) belum memiliki ijin

resmi pengolahan sampah medis menggunakan incinerator.

“Kami berharap persolan sampah medis jangan menjadi kendala di Kota Kupang, dan terus terang belum ada satupun RS yang memiliki ijin incinerator dari kementrian,” kata wakil ketua komisi IV, Theodora Taek, Selasa, 6 Februari 2018.

Menurut dia, sulitnya proses pengurusan ijin menggunakan incinerator dari Kementrian Lingkungan Hidup (KLH), dapat berdampak pada sistem pemusnahan alat-alat medis yang harus menggunakan incinerator.

Padahal pengolaan sampah medis baik padat maupun cair perlu mendapat penanganan dan pengolahan yang baik. “Yang menjadi pokok persoalan dan jadi perhatian kami, mengapa sulit sekali memperoleh ijin dari kementrian,” tambah Theodora.

Baca Juga :  Penderita DBD di Kupang Meningkat, Warga Diminta Waspada

Rumah sakit yang telah memiliki incinerator saat ini yakni SK Lerik,  W.Z.Johannes dan St Boromeus, dan 3 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yakni puskesmas Pasir Panjang Bakunase, dan puskesmas Sikumana. (Lid)

Share Button

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]