RS Siloam Luncurkan ESWL, Teknologi Terkini Atasi Batu Ginjal

0
1700
ESWL
ESWL

NTTTERKINI.COM, Kupang – Meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, Siloam Hospital (RS) Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi RS pertama yang menghadirkan layanan Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL) yakni terapi pemecah batu ginjal dengan gelombang kejut tanpa operasi atau pembedahan.

“Di penghujung tahun ini, Siloam menjadi rumah sakit pertama di NTT yang memberikan layanan terbaru yakni alat ESWL, teknologi terkini bagi pasien batu ginjal yang takut operasi,” kata Direktur RS Siloam Kupang, Hans Lie saat media gathering, Rabu, 4 Desember 2019.

Selama ini, menurut dia, tidak ada alternatif lain bagi pasien penderita batu ginjal jika membutuhkan tindakan medis, yakni selalu melalui operasi terbuka atau Open Surgery, namun dengan hadirnya layanan terapi ESWL, yakni metode pengobatan batu ginjal tanpa melakukan operasi, namun dilakukan dengan menghantarkan gelombang kejut melalui jaringan lunak tubuh guna memecah dan menghancurkan batu empedu.

Ahli Urologi RS Siloam, Dr Eric Hutauruk mengatakan akumulasi kasus penderita batu ginjal di NTT setiap tahun dapat mencapai hingga 2 ribu penderita. Data 2017, tercatat penderita khusus batu ginjal sebanyak 700 orang, dan di akhir November 2019, sudah mencapai 650 orang. Sejak ada layanan ESWL tercatat sudah sebanyak 11 pasien menjalani pengobatan tersebut.

“Untuk tahun ini hingga akhir November 2019 sudah di angka 650 pasien, khusus penderita batu ginjal, sudah ada 11 pasien yang gunakan ESWL,” kata Eric Hutauruk.

Batu ginjal dapat di picu oleh beragam kondisi seperti kurang minum air putih dan air yang dikomsumsi mengandung zat kapur yang tinggi, sehingga ada pembentukan materi keras berupa batu yang berasal dari mineral dan garam asam yang mengendap dalam urin yang berkonsentrasi.

Batu ginjal dapat terjadi di sepanjang saluran urin, dari ginjal, ureter atau saluran kemih hingga uretra atau saluran kemih yang membawa urin keluar dari tubuh. (Lid)

Komentar ANDA?