Home / Kesehatan / RSUD Johanis Kupang Terlantarkan Pasien Kanker Payudara

RSUD Johanis Kupang Terlantarkan Pasien Kanker Payudara

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

LMND berunjuk rasa di Kantor Gubernur NTT

NTTTERKINI.COM, Kupang – Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) W.Z Johanis Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) diduga menelantarkan pasien kanker payudara Viktoria Polce Teon, sehingga harus dirawat di rumahnya dan kondisinya semakin parah.

Hal itu terungkap saat puluhan mahasiswa yang tergabung dalam liga mahasiswa nasional untuk demokrasi eksekutif (LMND ex) Kota Kupang, Senin, 21 Januari 2013 menggelar aksi unjuk rasa di DPRD dan Kantor Gubernur NTT.

Selain menelantarkan pasien kanker payudara, buruknya pelayanan RSUD Johanis Kupang juga menyebabkan Gregorius Seran. Karena itu, Koordinator pengunjuk rasa, Ridwan Nugroho meminta agar Pemerintah mencabut Peraturan daerah (Perda) No.04 tahun 2006 tentang retribusi pelayanan kesehatan. “Kami juga minta RSUD dan pemerintah bertanggungjawab atas kematian Gregorius Seran,” katanya.

Baca Juga :  Pelayanan RSUD Johanis Kupang Dikritik Warga

Dia juga meminta RSUD dan Pemerintah daerah untuk menjemput Viktoria Polce Teon untuk dirawat di RSUD Johanis Kupang, setelah diterlantarkan pihak RSUD, sehingga harus dirawat di rumah kontrakannya dengan segala keterbatasan. “Padahal, kanker payudara yang dideritanya sudah semakin parah,” katanya.

Dia juga menyesalkan pelayanan di RSUD Johanis Kupang buruk, karena lebih mementingkan binis ketimbang masalah kemanusiaan. “Pelayanan RSUD atas dasar apa yang dibayarkan pasien,” katanya.

Asisten Administrasi dan Pembangunan NTT, Adreas Jehalu berjanji akan memanggil dan meminta penjelasan manajemen RSUD Johanis Kupang terkait dua kasus penelantaran pasien yang menyebabkan seorang pasien meninggal. “Kami akan mamanggil dan meminta penjelasan manajemen RSUD,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]