Home / Kesehatan / Sampah Menumpuk, Pemkot Sewa 10 Truk

Sampah Menumpuk, Pemkot Sewa 10 Truk

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Sampah- Salah satu tempat pembuangan sampah yang menumpuk di Kota Kupang

NTTTERKINI.com, Kupang – Pemerintah Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) menyiapkan 10 truk sampah untuk mengangkut sampah-sampah yang berserakan hampir di seluruh pojok daerah ini.

“Ada 10 truk yang disiapkan untuk mengangkut sampah yang menumpuk di sejumlah titik,” kata Wali Kota Kupang Jonas Salean kepada wartawan, Kamis, 17 Januari 2013.

Sampah menumpuk di beberapa lokasi, diantaranya, pasar Oeba, Kelurahan Fatubesi yang menumpuk hingga tidak dapat tertampung lagi di tempat pembuangan sampah.

Dia membantah bahwa Dinas Kebersihan tidak mampu membersihkan sampah yang menumpuk di wilayah Kota Kupang, namun pemerintah keterbatasan sarana pengakut sampah itu, karena kendaraan yang ada adalah kendaraan tua, sehingga tidak bisa beroperasi seluruhnya.

Baca Juga :  Posyandu Olah Pangan Lokal Atasi Gizi Buruk

Hujan yang mengguyur Kota Kupang sepekan terakhir ini, menyebabkan sampah menumpuk dimana-mana, hingga berserakan di jalanan, ditambah lagi warga membuang sampah di tempat yang disiapkan sebagai tempat pembuangan akhir (TPA). Padahal, tempat sampah yang disiapkan hanyalah tempat pembuangan sementara (TPS).

“Warga sudah jadikan tempat pembuangan sampah sebagai tempat pembuangan akhir, sehingga lama-kelamaan menumpuk,” katanya. Solusinya dengan menyewa 10 truk untuk mengangkut sampah yang telah menumpuk tersebut.

Untuk jangka panjangnya, kata Jonas, pemerintah akan mengadakan tiga unit truk baru khusus untuk mengangkut sampah. Pasalnya, produksi sampah di Kota Kupang cukup tinggi. “Kami akan alokasi pembelian truk sampah melalui APBD,” katanya. (Lan)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]