Home / Sosbud / SAR Kupang Evakuasi Imigran Gelap dari Australia

SAR Kupang Evakuasi Imigran Gelap dari Australia

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Imigran gelap

Imigran gelap

NTTTERKINI.COM, Kupang – Tim SAR Kupang, Sabtu, 28 September 2013 mengevakuasi 31 imigran gelap asal Iran dan Afghanistan yang terombang- ambing di laut lepas di wilayah perbatasan antara Indonesia- Australia.

“Perahu para imigran itu diselamatkan kapal bea cukai Australia,” kata Kepala SAR Kupang, Gede Ardana kepada NTTTERKINI.COM, Minggu, 29 September 2013.

Imigran gelap itu ditolong kapal Bea Cukai ACV Triton milik Australia di perairan Laut Timor, setelah sebelumnya karena terombang-ambing dihantam gelombang tinggi. “Kapal Australia tersebut kemudian membawa imigran kembali ke perairan dan dijemput kapal Basarnas,” katanya.

Dari 31 imigran itu, 30 imigran diantaranya berasal dari Iran dan satu asal Afghanistan. Imigran Iran terdiri dari 20 laki-laki, 5 perempuan, 3 anak laki-laki, dan dua balita. Turut diselamatkan 3 anak buah kapal asal Indonesia.

Baca Juga :  Kota Kupang Diterjang ROB, Ratusan Jiwa Mengungsi

Evakuasi para imigran itu, menurut dia, setelah tim SAR mendapat informasi dari pemerintah Australia untuk menjemput para imigran yang diselamatkan di perairan Laut Timor. “Kami janjian ketemu di perairan bagian selatan Rote Ndao,” katanya.

Tim SAR kemudian megevakuasi imigran gelap tersebut ke Pelabuhan Polair Polda NTT, dan dilakukan pendataan sebelum diserahkan ke imigrasi. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]