Sembilan Kabupaten/kota di NTT Diterjang Bencana

0
680
ilustrasi
ilustrasi
ilustrasi

NTTTERKINI.COM, Kupang – Sebanyak sembilan kabupaten/kota di Nusa Tenggara Timur (NTT) dilanda bencana akibat cuaca ekstrim yang melanda wilayah itu sebulan terkahir ini.

“Ada sembilan kabupaten/kota yang telah melaporkan terjadinya bencana,” kata kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTT Tini Thadeus, Rabu, 5 Februari 2014.

Sembilan kabupaten yang dilanda bencana itu yakni Lembata, Alor, Sumba Timur, Timor Tengah Utara, Kabupaten Kupang, Rote Ndao, Manggarai, Kota Kupang dan Sumba Barat.

Bencana yang melanda sembilan kabupaten itu, diantaranya banjir, puting beliung, longsor, dan kapal tenggelam. Akibat bencana itu, delapan orang meninggal dan kerugian mencapai Rp 2,3 miliar lebih.

Bencana itu juga menyebabkan sebanyak 276 rumah mengalami kerusakan ringan, dan 151 rusak berat dan menelantarkan sekitar 227 kepala keluarga atau 854 jiwa.

Menurut dia, pihaknya telah memberikan bantuan emergency bagi korban bencana tersebut. Bantuan terkahir bagi korban banjir Rob di Kota Kupang yang masih bertahan di lokasi pengungsian. “Bantuan emergency sudah ditangani,” katanya.

Selain sembilan kabupaten itu, tambahnya, ada beberapa kabupaten lainnya yang menyampaikan secara lisan tentang bencana di daerah itu, seperti di Kabupaten Malaka yang dilanda banjir. “Kami masih menunggu laporan resmi dari kabupaten lainnya,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?