Home / Polkam / Semua Pasangan Calon Gubernur Berpotensi Manfaatkan PNS

Semua Pasangan Calon Gubernur Berpotensi Manfaatkan PNS

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Ilustrasi PNS

NTTTERKINI.COM, Kupang – Implementasi netaralitas Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam pemilu kepala daerah termasuk pemilu gubernur dan wakil gubernur 2013 masih sangat rendah dan patut diragukan.

Bahkan semua pasangan calon gubernur berpotensi memanfaatkan PNS dalam melakukan sosialisasi di lapangan tentang paket yang menjadi pilihannya.

Hal itu diungkapkan Anggota DPRD NTT dari Fraksi Partai Golkar, Anwar Pua Geno dalam rapat dengar pendapat antara Komisi A dengan KPU, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) NTT dan Sekretaris Daerah NTT di DPRD NTT, Senin 11 Februari 2013.

Dia mempertanyakan aktivitas sejumlah PNS lingkup provinsi yang keluar masuk daerah dalam beberapa hari lamanya. Tentunya ini sangat berkaitan dengan pelaksanaan pemilu gubernur NTT 2013. “Apakah PNS yang keluar masuk itu sedang berlibur atau kegiatan yang dijalankan berkaitan dengan tugas dinas? Jangan sampai menggunakan uang negara untuk dosialisasi pasangan calon tertentu,” katanya.

Baca Juga :  Yoseph Effi, Balon Wawali Veki Lerik Mundur

Dia menegaskan pemerintah provinsi perlu menegakan aturan soal netralitas PNS. Karena sosialisasi pasangan calon adalah tugas partai politik dan penyelenggara, bukan PNS. Bawaslu dan panwaslu di tingkat kabupaten/kota juga harus mengambil sikap tegas sehingga pelaksanaan demokrasi di daerah ini berjalan sesuai aturan yang berlaku.

“Harus disikapi secara tegas karena birokrasi sedang merancang kesuraman masa depan demokrasi di negara dan daerah ini,” katanya.

Berbeda dengan Anggota DPRD dari Fraksi PDI Perjuangan, Gusti Demon Beribe bahwa melarang PNS untuk berpolitik sama halnya dengan mengamputasi hal politik mereka. Karena itu perlu ada regulasi yang jelas mengatur tentang keterlibatan PNS dalam politik. “Harus ada aturan jelas tentang netralitas PNS,” katanya. (Rit)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]