Home / Ekbis / Senator Australia Kumpulkan Bukti Pencemaran Laut Timor

Senator Australia Kumpulkan Bukti Pencemaran Laut Timor

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Senator Australia Rachel Siewert saat berkunjung ke Desa Tablolong

Senator Australia Rachel Siewert saat berkunjung ke Desa Tablolong

NTTTERKINI.COM, Kupang – Senator Parliement Hous of Canbera, Australia Rachel Siewart, Minggu, 16 Februari 2014 mendatangi Desa Tablolong, Kabupaten Kupang mengumpulkan bukti pencemaran Laut Timor, akibat meledaknya ladang minyak Montara di blok atlas, 21 Agustus 2009 silam.

“Saya datang ingin mendengar sendiri pengakuan dari korban pencemaran di Laut Timor sehingga bisa dibawa ke Parlamen Australia,” kata Siewert saat bertatap muka dengan nelayan Tablolong.

Gustaf Lay, petaani rumput laut asal Desa Tablolong, mengatakan budi daya rumput laut, sebelum laut Timor tercemar pada tahun 2008 mencapai 500 ton/tahun. Namun hasil itu terus menurun pada tahun 2009, hingga tahun 2013, hingga hasil panen rumput laut hanya tersisa 10 ton/ tahun.

Baca Juga :  PT Pos Indonesia Cabang NTT Targetkan Pendapatan Rp38 Miliar

Jumlah petani rumput laut juga berkurang dari 523 petani rumput laut, tersisa 23 petani rumput laut, karena gagal. “Tanaman rumput laut kami gagal total. Jadi minta kompensasi dari pemerintah Australia,” katanya.

Rachel mengatakan akan memperjuangkan nasib para nelayan dan petani rumput laut di Nusa Tenggara Timur yang terkena dampak pencemaran laut Timor. “Kesaksian dari nelayan ini, akan saya sampaikan ke parlamen Australia untuk memberikan kompensasi,” tegasnya.

Bupati Kupang, Ayub Titu Eki menegaskan agar kompensasi yang diberikan, langsung kepada nelayan dan petani rumput laut yang menjadi korban pencemaran minya Montara. “Kompensasi yang diberikan, jangan dipolitisir, dan langsung ke masyarakat,” tegasnya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]