Home / Ekbis / Serapan Anggaran Triwulan I Hanya 9 Persen

Serapan Anggaran Triwulan I Hanya 9 Persen

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Pemprov NTT

Pemprov NTT

NTTTERKINI.COM, Kupang – Serapan anggaran pada triwulan pertama tahun anggaran 2013 di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) masih rendah, baru sekitar 9 persen.

“Serapannya masih rendah, baru 8,61 persen, sedangkan nasional sudah 12 persen. Kondisi ini tidak saja mempengaruhi kinerja Kementrian Keuangan secara nasional”, kata Kepala KPPN Kupang, Ahmar Rudy kepada wartawan, Rabu, 8 Mei 2013.

Menurut dia, dari 360 Sataun kerja lingkup pemerintah provinsi di wilayah pembayaran KPPN Kupang, baru 52 Satker yang penyerapan anggarannya sudah di atas 20 persen; 97 Satker di atas 10 persen dan 102 Satker di bawah 10 persen serta 101 Satker penyerapannya masih 0 persen.

Baca Juga :  Besok, Harga BBM Turun Jadi 6.500 Per Liter

Sementara itu, Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setda NTT Abraham Maulaka mengakui rendahnya penyerapan anggaran di NTT. Dari alokasi anggaran untuk Provinsi NTT tahun 2013 sebesar Rp.7,4 trilyun, realisasi penyerapannya baru sekitar 9 persen.

Realisai itu, menurut dia, terdiri dari, dana dekonsentrasi realisasi fisik baru 4,3 persen; tugas pembantuan 3 persen; Kantor Daerah 9 persen dan Kantor Pusat sekitar 7 persen. Jadi semuanya sekitar 9 persen. “Ya, baru sekitar 9 persen,” katanya.

Rendahnya serapan anggaran ini, karena sejumlah item kegiatan masih di beri tanda bintang, perlunya adanya penyesuaian atau revisi, terjadinya gagal lelang serta pengawasan dari pimpinan Satker yang masih kurang.

“Pimpinan Satker sudah diingatkan untuk meningkatkan pengawasan, pembinaan serta wajib melakukan evaluasi internal untuk mengetahui perkembangan pengelolaan anggaran dan kendala yang di hadapi,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]