Home / Wonderful Indonesia / Setiap Rabu, ASN di NTT Wajib Berbahasa Inggris

Setiap Rabu, ASN di NTT Wajib Berbahasa Inggris

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Marius Jelamu

NTTTERKINI.COM, Kupang – Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat mengeluarkan peraturan gubernur (Pergub) tentang penggunaan Bahasa Inggris pada setiap hari Rabu bagi seluruh perangkat daerah (PD), Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Desa Wisata.

English day ini ditetapkan melalui Pergub No 56 tahun 2018 tentang hari berbahasa Inggris. “Gubernur telah menandatangani Pergub itu untuk selanjutnya mulai diberlakukan,” kata Kepala Dinas Pariwisata NTT, Marius Jelamu kepada wartawan, Selasa, 29 Januari 2019.

Tujuan dari english day itu, menurut dia, menjadikan Bahasa Inggris sebagai salah satu media komunikasi dalam aktivitas perkantoran maupun kehidupan sehari-hari di seluruh NTT. Meningkatkan kompetensi berbahasa Inggris para ASN, karyawan swasta, dan seluruh masyarakat NTT. “Menyiapkan SDM NTT yang cakap bahasa Inggris untuk berkomunikasi,”  katanya.

Baca Juga :  Jaksa Yakin Dan Adoe Tandatangani SK Buku

Dalam Pergub tersebut, kata dia, disebutkan juga Bupati/Wali Kota untuk mensosialisasikan english day bagi ASN dan masyarakat, khususnya di desa-desa wisata, serta melakukan pengawasan terhadap penerapan english day tersebut.

Bupati/Wali Kota diminta untuk memantau partisipasi ASN, dan masyarakat dalam berbahasa Inggris. Bupati dan Wali Kota juga melakukan evaluasi secara berkala terhadap penerapan english day.

“Bagi ASN yang melanggar Pergub ini akan dikenakan sanski berupa teguran lisan, tertulis dan wajib mengikuti kursus bahasa Inggris dengan biaya sendiri,” katanya.

Sedangkan bagi lembaga atau desa wisata yang menerapkan english day dengan baik akan diberikan penghargaan. “Penerapan english day ini sebagai wujud mendukung NTT sebagai daerah pariwisata baru,” katanya. (Ado)

Share Button
Baca Juga :  124 Nelayan di Kota Kupang Ikuti Karnaval Perahu

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]