Home / Sosbud / Siklon Tropis Edna Landa NTT

Siklon Tropis Edna Landa NTT

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Ilustrasi

Ilustrasi

NTTTERKINI.COM, Kupang – Siklon trpois Edna yang melanda wilayah Australia mempengaruhi cuaca ektrim di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) yang menyebabkan hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang.

“Siklon tropis Edna ini yang mempengaruhi cuaca ekstrim di wilayah NTT,” kata Kepala Observasi dan Informasi Badan Meterologi El Tari Klas IIA Kupang, Syaiful Hadi, Senin, 3 Februari 2014.

Menurut dia, siklon tropis Edna ini melanda wilayah timur laut Australia, disertai tekanan rendah di wilayah utara Australia atau selatan NTT yang mengakibatkan hujan dengan intensitas tinggi yang sifatnya sporadis disertai angin kencang.

Kecepatan angin di wilayah NTT, katanya, berkisar antara 20-45 kilometer (km) per jam. Bahkan, malam tadi di Kupang mencapai 50 kilometer per jam atau 28 knot. “Itu yang patut diwaspadai terutama pohon- pohon yang sudah rapuh, karena banyak pohon yang tumbang,” katanya.

Baca Juga :  Belasan Rumah di Oesao Diterjang Puting Beliung

Siklon ini juga mempengaruhi tinggi gelombang laut di perairan NTT terutama selatan NTT, laut Sawu, perairan selatan Sumba yang mencapai 3-4 meter. Perairan Rote dan Laut Timor mencapai 3-5 meter. Laut Flores mencapai 3-4 meter. “Tinggi gelombang ini masih terjadi tiga hari kedepan, mudah-mudahan hari keempat menurun,” katanya.

Siklon tropis Edna yang melanda NTT menyebabkan sejumlah pohon tumbang yang menutup badan jalan di wilayah itu, serta penutupan pelayaran untuk semua armada pelayaran, termasuk nelayan. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]