Home / Sosbud / Siklon Tropis Rusty Landa NTT

Siklon Tropis Rusty Landa NTT

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

hujanNTTTERKINI.COM, Kupang – Cuaca buruk yang melanda Nusa Tenggara Timur (NTT) sepekan terakhir ini disebabkan siklon tropis Rusty yang menyebabkan hujan dengan intensitas rendah dan sedang.

“Saat ini, NTT sedang dilanda siklon tropis Rusty,” kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi El Tari Kupang, Saiful Hadi, Senin, 25 Februari 2013.

Posisi siklon tersebut hingga hari ini, menurut dia, berada pada 17,5 lintang selatan (LS), 118,3 bujur timur (BT) atau sekitar 870 kilometer (km) sebelah selatan barat daya Pulau Sabu. “Namun, Siklon tropis ini mulai bergerak ke wilayah Timur tenggara dengan kecepatan 2 kilometer per jam menjauhi Indonesia,” katanya.

Siklon ini, katanya, menyebabkan hujan dengan intensitas rendah dan sedang yang tidak merata di sebagaian besar wilayah NTT, terutama di Pulau Flores dan Sumba. Siklon ini juga memicu tingginya gelombang laut yang berkisar antara 1,5-2,5 meter.

Baca Juga :  Belasan Rumah di Oesao Diterjang Puting Beliung

Namun, di Selat Sape dan Laut Sawu tinggi gelombang mencapai 2-3,5 meter, Perairan Selatan Sumba 2,5-4 meter. Samudera Hindia selatan 4-5 meter. “Gelombang maksimal berpotensi terjadi hingga 5 meter, terutama di perairan NTT bagian selatan,” katanya.

Badai ini juga memicu kecepatan angin berkisar antara 25-40 kilometer (km)/jam disertai hujan yang masih berpotensi terjadi hingga 2-3 hari kedepan. Sedangkan, tinggi gelombang laut berpeluang terjadi sepekan kedepan, terutama perairan NTT bagian selatan, seperti Laut Sawu, Laut Timor, Selat Rote dan Samudera Hindia Selatan. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]