Home / Pendidikan / Siswa Kecewa UN Ditunda

Siswa Kecewa UN Ditunda

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Siswa sedang mengikuti UN

Siswa sedang mengikuti UN

NTTTERKINI.COM, Kupang – Sejumlah siswa di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengaku kecewa dengan penundaan ujian nasional (UN) oleh kementrian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud). Pasalnya, mereka telah mempersiapkan diri untuk menghadapi UN tersebut.

“Jelas kami kecewa, karena kami sudah lakukan segala persiapan untuk UN kali ini,” kata Erick da Silva, siswa SMAN I Kupang. Apalagi penundaan itu tanpa pemberitahuan. Siswa mengetahui adanya penundaan UN, setelah tiba di sekolah. “Kami datang ke sekolah baru tahu UN ditunda,” katanya.

Penundaan ini, menurut dia, akan mengganggu psikologi siswa untuk mengikuti UN pada Kamis, 19 April 2013 mendatang. “Ini akan sangat berpengaruh dengan persiapan kami mengikuti UN,” katanya.

Baca Juga :  Pertanyakan Gaji, Guru Honorer Ini Malah Dipecat

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhamad Nuh menunda pelaksanaan ujian nasional di 11 provinsi, karena keterlambatan pengiriman soal ujian nasional. UN yang sedianya dilaksanakan mulai hari ini ditunda ke Kamis, 19 April 2013.

11 provinsi yang ditunda pelaksanaan UN-nya yakni Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Bali, Kalimantan selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat dan Goronyalo.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (PPO) NTT, Klemens Meba membenarkan penundaan UN tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA), SMA Luar Biasa (LB), Paket C dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Pasalnya, naskah soal UN belum selesai dicetak.

Ujian nasional pada Senin, 15 April 2013 diundur ke Jumat, 19 April 2013. Sedangkan UN hari kedua, Selasa, 16 April 2013 diundur ke Senin, 22 April 2013. Sementara UN untuk hari ketiga dan keempat, Rabu, 17 April 2013 dan Kamis, 18 April 2013 tetap dilaksanakan sesuai jadwal yang ditetapkan. Jumlah siswa peserta UN tingkat SMA/SMK di NTT berjumlah 55.810 siswa, terdiri dari SMA 38.464 siswa dan SMK 16.346 siswa. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]