Home / Pendidikan / Soal UN SD di NTT Salah Cetak

Soal UN SD di NTT Salah Cetak

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Yohanis Mau

Yohanis Mau

NTTTERKINI.COM, Kupang – Soal Ujian Nasional (UN) Sekolah Dasar (SD) di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) terjadi kesalahan pencetakan untuk tiga nomor soal Bahasa Indonesia pada hari pertama UN, Senin, 6 Mei 2013. Siswa terpaksa tidak mengerjakan soal tersebut.

Tiga soal itu, yakni nomor 9-11, karena tidak adanya narasi untuk menjawab ketiga soal itu. Siswa pun diminta untuk tidak menjawab soal itu. Pengawas pun membuat berita acara temuan itu sebagai kesalahan pencetakan.

Di SD Negeri Fatufeto, misalnya, kepala sekolah setempat mengambil sikap untuk agar siswa tidak mengerjakan soal tersebut. Setelah dilaporkan pengawas terkait temuan naskah yang salah cetak.

“Kami terpaksa meminta siswa untuk tidak mengerjakan soal UN Bahasa Indonesia, karena tidak ada narasi untuk pertanyaan yang disiapkan,” kata Kepala Sekola SDN Fatufeto, Kecamatan Alak, Kota Kupang, Johana Rihi.

Baca Juga :  Tidak Ada Perpanjangan Jabatan Bagi Pejabat Eseleon II

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (PPO) NTT, Yohanes Mau membenarkaan kesalahan pencetakan itu. Karena itu, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Dinas PPO kabupaten/kota agar siswa tidak mengerjakan soal tersebut. “Itu kesalahan pencetakan, sehingga siswa tidak perlu kerjakan soal itu,” katanya.

Kesalahan pencetakan itu, menurut dia, juga telah disampaikan ke panitia UN agar menjadi perhatian saat penyalinan, sehingga tidak merugikan siswa. “Itu akan jadi perhatian panitia, sehingga tidak rugikan siswa,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]