Home / Polkam / SPDP Anita Gah Diserahkan ke Kejaksaan

SPDP Anita Gah Diserahkan ke Kejaksaan

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Anita1NTTTERKINI.COM, Kupang – Kepolisian daerah (Polda) Nusa Tenggara Timur (NTT) telah menyerahkan surat perintah dimulainya penyidikan (SPDP) calon anggota DPR RI asal Partai Demokrat Anita Yakobah Gah ke Kejaksaan Tinggi.

“Kami sudah menerima SPDP dari penyidik,” kata Humas Kejaksaan Tinggi NTT Ridwan Angsar, Minggu, 2 Maret 2014. Anita Gah dilaporkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) ke kepolisian, karena dinilai melakukan pelanggaran pemilu dengan melakukan kampanye media sebelumnya waktu disertai dengan visi-misi partai.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) dan penyidik Polda masih melakukan konsultasi terkait dengan pelanggaran pemilu ini, karena kasus ini hanya bisa diselesaikan dalam dua pekan. “Berkasnya masih dikoordinasikan antara JPU dan penyidik,” katanya.

Baca Juga :  Hari Ini, Warga Timor Tengah Selatan Pilih Bupati

Setelah berkas caleg DPR RI itu dikirim ke kejaksaan, maka JPU hanya diberikan waktu tiga hari untuk mempelajarinya sebelum diperbaiki dan dinaikan ke pengadilan untuk disidangkan. “Kami hanya diberi waktu tiga hari untuk pelajari berkas kasus ini,” katanya.

Anita Gah yang dikonfirmasi terpisah membantah telah melakukan pelanggaran kampanye dengan mengiklankan visi-misi partai melalui media dan melakukan kampanye sebelum waktunya. “Saya tidak pernah mengajak orang untuk memilih saya. Itu artinya saya tidak kampanya,” katanya.

Karena itu, Anita melaporkan Bawaslu NTT ke Dewan Kehormatan Penyelenggera Pemilu (DKPP) untuk diproses. “Saya sudah laporkan kasus ini ke DKPP,” katanya.

Anita dikenakan pasal 276 undang- undang pemilu No 8 tahunh 2012 tentang pemilu dengan ancaman hukuman 1 tahun penjara dan denda Rp 12 juta. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]