Home / Pendidikan / STAKN Kupang Akan Naik Status Jadi Institute

STAKN Kupang Akan Naik Status Jadi Institute

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Harun Natonis

NTTTERKINI.COM, Kupang – Sekolah Tinggi Ilmu Agama Kristen (STAKN) Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) akan dialihkan statusnya dari sekolah tinggi menjadi Institute Agama Kristen.

“Usulan kami sudah di Istana negara melalui Sesneg tinggal menunggu tandatangan Presiden,” kata Ketua STAKN Kupang, Harun Natonis kepada wartawan, Rabu, 10 Juli 2019.

Menurut dia, tim dari Sekretaris negara (Sesneg) juga telah dikirim ke Kupang untuk melakukan survey dan melihat kesiapan STAKN Kupang untuk menjadi institute. “Ada empat orang tim yang diturunkan dipimpin Deputi Bidang Pembangunan Manusia dan SDM,” katanya.

Ada beberapa aspek yang dilihat, seperti pengembangan SDM dan dukungan fasilitas yang dinyatakan telah memenuhi syarat, persiapan sarana prasarana, seperti lahan untuk pengembabgan sekolah ini. “Tahun ini, kami bangun perpustakaan dan pasca sarjana. Kami akan teruskan kembangkan, karena sudah punya master plannya,” katanya.

Baca Juga :  Reuni, Spendoe 90 Gelar Aneka Kegiatan

Dari sisi SDM, jelas dia, STAKN miliki dosen dengan standar pendidikan S2dan S3, termasuk dosen terbang dari Korea. Selain itu, pihaknya juga akan bekerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi di luar negeri seperti Korena, Kanada, Amerika. “Jadi mahasiswa yang lulus dari STAKN Kupang bisa lanjut studi di luar negeri,” katanya.

Dari sisi fasilitas, lanjut dia, STAKN menggunakan sistem online, mulai dari penerimaan siswa baru serta keuangan, sehingga orang bisa mengakses STAKN Kupang melalui website. “Semuanya gunakan sistem online,” ujarnya.

Dia berharap pada Oktober 2019 usulan menjadi institute bisa terwujud agar tidak hanya sebatas prodi, tapi fakultas. Sehingga banyak pilihan bagi mahasiswa yang ingin masuk ke STAKN. “Selama ini paling banyak mahasiswa hanya memilih prodi Pendidikan Agama Kristen, diikuti pastoral konseling dan musik,” katanya.

Baca Juga :  Shannon Berbagi Pengalaman Investigasi bagi Jurnalis di Kupang

STKAN Kupang sekarang miliki 4 ribu lebih mahasiswa, dengan jumlah dosen mencapai 400 orang. (Ado)

Share Button

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]