Home / Kesehatan / Stok Darah di PMI 159 Kantung

Stok Darah di PMI 159 Kantung

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

PMINTTTERKINI.COM, Kupang – Stok darah di Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) masih sebanyak 159 kantung, atau mampu memenuhi kebutuhan darah pasien hingga sepekan kedepan.

“Stok masih 179 kantong darah dan bisa memenuhi kebutuhan pasien hingga enam hari ke depan,” kata Kepala Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia NTT, dokter Samson Ehe Teron, Rabu, 7 Agustus 2013.

Stok darah itu, menurut dia, 89 kantung telah disalurkan ke Rumah Sakit dan Bank darah, sisanya 70 kantung masih tersimpan di kantor unit tranfusi darah PMI Kupang.

Stok darah yang telah disalurkan, katanya, didominasi golongan darah B sebanyak 34 kantung, golongan darah O 32 kantung, AB 12 kantung dan A 11 kantung. Sedangkan, 70 kantung di Kantor PMI didominasi golongan darah B sebanyak 60 kantung, golongan AB sembilan kantung dan golongan darah O satu kantung. “Sedangkan untuk stok golongan darah A masih kosong,” katanya.

Baca Juga :  Pengamat: Jangan Percaya Hasil Quick Count

Dia mengatakan, untuk menjaga ketersediaan stok darah, PMI masih menerima pendonor yang ingin mendonorkan darahnya 1×24 jam. “Dalam sehari ada sekitar 10 hingga 15 orang datang untuk melakukan donor darah yang akan digunakan untuk pemenuhan kebutuhan pasien,” katanya.

Selain itu, PMI juga memiliki kelompok sukarelawan sebanyak 12.650 orang yang siap mendonorkan darahnya secara periodik. “Mereka akan mendonorkan darahnya setia tiga bulan sekali,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : # # #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]