Suara Berkurang, Esthon- Paul Minta Klarifikasi KPU

Esthon- Paul

Esthon- Paul

NTTTERKINI.COM, Kupang – Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Esthon Foenay- Paul Tallo akan meminta klarifikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat terkait pengurangan suara di Sumba Barat.

“Rencananya Senin, 27 Mei 2013, kami akan ke KPU meminta klarifikasi pengurangan suara itu,” kata Ketua tim pemenangan Esthon- Paul, Ruben Foenay kepada wartawan, Minggu, 26 Mei 2013.

KPU NTT, Jumat, 24 Mei 2013 pukul 16.00 Wita merevisi jumlah suara pasangan calon Gubernur NTT Esthon Foenay- Paul Tallo di Sumba Barat, dari 82.841 menjadi 8.241 suara. Dengan demikian suara Esthon- Paul di Sumba berkurang sebanyak 74.600.

Menurut dia, Esthon- Paul telah menerima surat pemberitahuan dari KPU, bahwa pengumuman KPU pada Jumat, 24 Mei 2013 pukul 10.00 Wita terjadi kesalahan pengetikan pada jumlah suara Esthon- Paul di Sumba Barat yang mencapai 82.841. “Kami sangat sesalkan. Tidak boleh terjadi seperti ini, karena akan merugikan pasangan calon kami,” katanya.

Walaupun, katanya, KPU telah meminta mengajukan permohonan maaf kepada pasangan Esthon- Paul melalui surat, namun dibutuhkan klarifikasi, sehingga suara yang dikurangi tidak ditambahkan ke pasangan calon lainnya. “Suara yang dihilangkan itu kemanakan. Itu yang menjadi pertanyaan kami, karena bisa saja beralih ke pasangan calon lain,” katanya.

Dia berharap hal seperti ini tidak terjadi lagi pada pemilu-pemilu akan datang. “Untuk kali ini, kami terima, tapi jangan terjadi lagi,” katanya.

Anggota KPU NTT, Gazim M. Noor mengatakan, jumlah suara Esthon yang dirilis KPU terjadi kesalahan sehingga diralat. Karena, menurut dia, jumlah pemilih di Sumba Barat tidak mencapai 82 ribu. “Itu murni kesalahan pengetikan, sehingga kami meralatnya,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>