Home / Sosbud / Sudah 1.083 Warga Palue Diungsikan ke Maumere

Sudah 1.083 Warga Palue Diungsikan ke Maumere

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Gunung Api Rokatenda

Gunung Api Rokatenda

NTTTERKINI.COM, Kupang – Sebanyak 1.083 warga Pulau Palue, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) telah diungsikan ke Maumere, karena Rokatenda masih menunjukan aktivitas yang membahayakan.

“Sudah 1.083 warga yang diungsikan ke Maumere. Jumlah ini akan bertambah, karena evakuasi masih berlangsung,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTT Tini Thadeus, Senin, 19 Agustus 2013.

Gunung api Rokatenda meletus pada Sabtu, 10 Agustus 2013 yang mengakibatkan lima orang tewas, dan ribuan warga mengungsi. Mereka ditempatkan sementara di bekas kantor Bupati Sikka.

Namun, diakuinya belum semua warga di pulau itu dievakuasi, karena masih ada warga yang bertahan, terutama orang tua yang enggan meninggalkan harta mereka. Karena itu, TNI masih melakukan sosialisasi agar mereka mau dievakuasi. “Bahkan sedikit menggunakan pemaksaan,” katanya.

Baca Juga :  Ada 'Lumpur Lapindo' di Kupang

Gunung api Rokatenda, menurut dia, masih sangat mengancam warga sekitar, karena masih terus menyemburkan abu vulkanik, dan sewaktu-waktu bisa meletus. “Kapan saja, Rokatenda bisa meletus lagi, maka warha harus dievakuasi,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : # # #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]