Home / Wonderful Indonesia / Tarian Kolosal Budaya NTT Disiapkan Sambut Sail Komodo

Tarian Kolosal Budaya NTT Disiapkan Sambut Sail Komodo

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

NTTTERKINI.com- Kupang – Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Nusa Tenggara Timur (NTT), menyiapkan sebuah tarian kolosal untuk memeriahkan pembukaan Sail Komodo 2013.

“Tarian kolosal ini akan melibatkan sanggar budaya dari berbagai etnis di daerah ini,” kata Kepala UPTD Taman Budaya, Yohana Lingu Langu kepada wartawan di Kupang, Selasa 15 Januari 2013.

Menurut dia, tarian kolosal itu akan melibatkan 500 sampai 1000 penari, seperti yang pernah dipentaskan di Kupang tahun 2011 lalu, saat pawai karnaval memperingati HUT Kemerdekaaan RI yang menarik perhatian puluhan ribu warga Kota Kupang.

Dalam rangka memeriahkan pembukaan Sail Komodo, katanya, tarian kolosal ini akan dimodifikasi dengan mengedepankan nuansa etnis  yang ada di NTT, sehingga memberi kesan tersendiri kepada para sailor manca negara. “Kami akan melibatkan sanggar tari dari beberapa etnis NTT serta pelajar SMP dan SMA sebagai penarinya,” ujarnya.

Baca Juga :  Belitung, Danau Toba, Bromo Didorong Menjadi Geopark Dunia

Tarian kolosal ini, katanya, akan digelar di Kota Kupang sebagai entry point Sail Komodo 2013. Panitia ingin memberikan kesan terbaik kepada para peserta sail, apalagi pembukaan sail nantinya akan dihadiri Wakil Presiden Boediono.

Selain itu, setiap destinasi yang akan disinggahi para sailor manca negara, juga akan disiapkan tarian massal khas daerah masing-masing  guna memperkenalkan budaya daerahnya kepada wisatawan manca negara yang berkunjung.

Beberapa tarian massal yang  layak dipentaskan, misalnya,  Bonet dan Bidu dari  Kabupaten Timor Tengah Selatan dan Timor Tengah Utara, Likurai dan Tebe dari Kabupaten Belu, Lego –Lego dari kabupaten Alor, Dolo –Dolo dari Kabupaten Flores Timur, Gawi dari Kabupaten Ende, Ja’I dari Kabupaten Ngada, Pado’a dari Kabupaten Sabu Rai Jua, dan Kataga dari Sumba Barat. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]