Home / Hukrim / Terdakwa Dugaan Korupsi Bibit Mangga Minta Dibebaskan

Terdakwa Dugaan Korupsi Bibit Mangga Minta Dibebaskan

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

NTTTERKINI.COM, Kupang – Terdakwa dugaan korupsi pelaksanaan fisik proyek pengadaan bibit mangga Okulasi Arumanis tahun 2009 lalu di Dinas Pertanian Kabupaten Nagakeo, Nusa Tenggara Timur minta dibebaskan dari segala tuntutan.

Permintaan tersebut disampaikan kelima terdakwa kasus anakan mangga, Wula Maria Theresia, Oswalus Tungga, Lejo Maria Veneranda, Fan Romanus Djawa Mega dan Lenggu Marselinus melalui kuasa hukumnya, Ali Antonius pada persidangan di pengadilan tindak pidana korupsi (Tipikor), Jumat, 25 Januari 2013 lalu. “Sebagai kuasa hukum, saya minya agar terdakwa dibebaskan dari segala tuntutan Jaksa,” kata Ali Antonius.

Menurut Ali, sesuai fakta persidangan, kelima terdakwa tidak terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan perbuatan tindak pidana korupsi dengan menyalahgunakan jabatannya sehingga mengakibatkan kerugian negara sehingga dakwaan Primer dianggap tidak terbukti.

Baca Juga :  BKH Peduli Ekonomi Pedesaan

Keterangan Hardono, selaku saksi ahli dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan NTT di persidangan bahwa pelaksanaan fisik proyek paket pengadaan bibit mangga Okulasi Arumanis tahun anggara 2009 pada Dinas Pertanian Kabupaten Nagakeo tidak merugikan keuangan negara, karena sesuai dengan volume dan spesikasi teknis yang diperjanjikan dalam kontrak.

Selain itu, katanya, saksi juga menyebutkan Harga Perkiraan Sendiri (HPS) tidak bisa dijadikan dasar untuk melakukan perhitungan kerugian negara. Karena itu, dia meminta agar hakim pengadilan Tipikor membebaskan kliennya dari segala tuntutan Jaksa. “Saya minta agar hakim membebaskan klien saya, karena tidak terbukti melakukan tindak pidan korupsi,” katanya. (Dem)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]