Home / Hukrim / Terdakwa Korupsi Mangga di Nagekeo Dituntut 5,5 Tahun Penjara

Terdakwa Korupsi Mangga di Nagekeo Dituntut 5,5 Tahun Penjara

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

NTTTERKINI.com, Kupang – Lima terdakwa kasus dugaan korupsi pengadaan bibit mangga harum manis sebanyak 150 ribu anakan di Nagekeo tahun 2009 dituntut 5,5 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kupang, Kamis 17 Januari 2013.

JPU Bilin Sinaga mengatakan, kelima terdakwa ini terbukti secara sah dan meyakinkan telah melakukan tindak pidana korupsi yang merugikan negara 1,4 miliar lebih dari total dana sebesar Rp 2,2 miliar lebih.

Lima terdakwa itu yakni Oswaldus Nuwa (Sekretaris Dinas Kehutanan Kabupaten Nagekeo), Wula Maria Theresia (Sekretaris Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Nagekeo), Lejo Maria Verenanda (salah satu Kabit di dinas tersebut), VR Djawa Mega, dan Lengu Marselinus, keduanya menjabat Kabid Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nagekeo.

Baca Juga :  Usai Memperkosa, Pelaku Bawa Kabur Uang Rp600 Ribu

Sidang dengan agenda pembacaan tuntutan dipimpin majelis hakim, Khairulludin didampingi hakim anggotanya Agus Komarudin dan Anshyori. Terdakwa Theresia Wula Cs didampingi kuasa hukumnya, Ali Antonius.

Selain divonis 5,5 tahun penjara, JPU juga mewajibkan terdakwa membayar denda sebesar Rp 250 juta subsider enam bulan penjara. Dengan catatan terdakwa harus membayar denda tersebut satu minggu setelah keputusan majelis hakim.

Namun, Jaksa tidak membebaskan biaya pergangtian kerugian negara sebesar bRp 1,4 miliar, karena terdakwa tidak menikmati uang hasil kerugian negara itu.

Sidang kasus dugaan korupsi ini akan dilanjutkan pekan depan, Kamis 24 Januari 2013 dengan agenda pembelaan dari kuasa hukum terdakwa atas tuntutan JPU yang menuntut para terdakwa dengan 5,5 tahun penjara. (Dem)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]