Home / Hukrim / Tiap Hari, 40 Orang Meninggal Karena Narkoba

Tiap Hari, 40 Orang Meninggal Karena Narkoba

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Ilustrasi Narkoba

Ilustrasi Narkoba 

NTTTERKINI.COM, Kupang – Inspektur Utama Badan Narkotika Nasional (BNN) RI, Inspektur Jendral Sulistyono mengatakan di Indonesia, setiap hari sekitar 40 orang meninggal sia-sia, karena narkoba.

“Setiap hari ada 40 orang yang meninggal, karena kecanduan narkoba,” katanya kepada wartawan saat meresmikan kantor Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Kupang, Nusa Tenggar Timur (NTT) belum lama ini.

Masalah Narkoba, menurut dia, telah menjadi agenda nasional yang menjadi perhatian serius dari pemerintah. Pecandu narkoba di Indoenesia telah mencapai 4 juta orang, sementara yang tertampung di panti rehabislitasi hanya 18 ribu orang. “Pencegahan narkoba telah menjadi agenda nasional ke dua di bawah korupsi, karena sudah sangat mengkuatirkan,” katanya.

Baca Juga :  Terdakwa Narkoba Dituntut 11 Tahun Penjara

Tiap hari, katanya, ada 40 orang yang meninggal sia-sia akibat penyalahgunaan narkoba. Karena itu, pemerintah menetapkan hukuman mati bagi pengedar narkoba. “Ancamannya hukuman mati, jadi jangan pernah mencoba untuk mengenal barang haram tersebut,” tegasnya.

Di NTT, katanya, terdapat 39 ribu orang yang kecanduan narkoba. Dari jumlah itu, sebanyak 70 orang telah dimasukan ke panti rehabilitasi Badoka, Sulawesi Selatan.
“NTT merupakan salah satu wilayah yang kini menjadi perhatian BNN, karena kecenderungan pecandu terus meningkat,” katanya.

Wali Kota Kupang, Jonas Salean mengatakan, Kota Kupang sudah dijadikan sebagai daerah transit narkoba dari Timor Leste ke Indonesia. Karena itu, perlu diwaspadai oleh semua pihak. “Narkoba seperti fenomena gunung es yang permukaannya tampak kecil, namun di bawahnya sangat besar,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : # # #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]