Home / Sosbud / Tiga Gunung Api di NTT Berstatus waspada

Tiga Gunung Api di NTT Berstatus waspada

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Roaktenda Meletus

Roaktenda Meletus

NTTTERKINI.COM, Kupang – Tiga gunung api di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) yakni Ile Werung, Ile Ape (Lewotolok, red) dan Ebu Lobo dianikan statusnya dari normal (level I) ke waspada (level II) setelah adanya peningkatan aktivitas.

“Tiga gunung yang statusnya dinaikan dari normal ke waspada,” kata Kepala Badan penangulangan bencana daerah (BPBD) NTT Tini Thaedus kepada NTTTERKINI.COM, Minggu, 25 Agustus 2013.

Gunung Ile Werung dan Ile Ape berada di Pulau Lembata, sedangkan Ebu Lobo di Kabupaten Nagekeo. Dengan peningkatakan status ini, maka masyarakat di sekitar lereng gunung dan wisatawan diminta untuk tidak mendekati ketiga gunung itu di radius 1,5 kilometer (km).

Baca Juga :  Bidan di Perbatasan Timor Leste Diberi Pelatihan IT

Pemerintah daerah, menurut, telah mengambil langkah antisipasi, jika sewaktu-waktu ketiga gunung itu meletus. Dimana, petugas dari BPBD kabupaten telah berada di lokasi mensosialisasikan kepada masyarakat tentang bahaya erupsi dan lahar panas dari gunung api. “Langkah antisipasi sudah disiapkan, jika aktivitas ketiga gunung itu terus meningkat,” katanya.

Sebelumnya, dua gunung di NTT yakni Rokatenda di Pulau Palue, Kabupaten Sikka meletus yang mengakibatkan lima orang tewas akibat lahar panas, dan ribuan orang mengungsi. Gunung Hobalt di dalam laut di Lembata juga meletus, namun tidak membahayakan warga sekitar. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : # # #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]