Home / Pendidikan / Tiga Kabupaten di NTT Belum Terima Soal UN

Tiga Kabupaten di NTT Belum Terima Soal UN

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Klemens Meba

Klemens Meba

NTTTERKINI.COM, Kupang – Sebanyak tiga kabupaten di Nusa Tenggara Timur (NTT) hingga H-2 pelaksanaan Ujian Nasional (UN), setelah terjadi penundaan, pada Kamis, 18 April 2013 belum menerima naskah soal UN. Ketiga kabupaten itu yakni Sumba Barat, Sumba Barat Daya dan Nagekeo.

“Masih ada tiga kabupaten yang belum terima naskah soal UN,” kata Kepala Dinas PPO NTT, Klemens Meba kepada NTTTERKINI.COM di Kupang, Selasa, 16 April 2013.

Menurut dia, ada dua hal menyebabkan keterlambatan pengiriman soal UN ke sejumlah kabupaten di NTT, yakni tidak profesionalnya perusahaan pencetakan naskah soal UN yakni PT Dahlia asal Bogor, Jawa Barat. Dan tertukarnya soal UN antar kabupaten di NTT.

Baca Juga :  611 Pelamar Rebut 31 Formasi CPNS Kota Kupang

Padahal, menurut dia, sesuai kesepakatan Dinas PPO dengan perusahaan pencetakan naskah UN, naskah soal UN harusnya dikirim menggunakan pesawat Hercules, sehingga bisa mengangkut seluruh soal UN yang akan diturunkan di empat titik bandara, seperti Tambolaka- Sumba Barat Daya, Frans Seda- Sikka, Labuan Bajo- Manggarai Barat dan Bandara El Tari Kupang.

Namun, kenyataannya pengiriman naskah soal UN oleh Pesawat Hercules hanya sampai ke Denpasar, Bali, dan dilanjutkan pengiriman menggunakan pesawat Trans Nusa yang kapasitas kecil, sehingga tidak bisa mengangkut seluruh soal UN. “Perusahaan itu tidak profesiaonal kelola bahan UN,” katanya.

Masalah lainnya yakni tertukarnya soal UN yang dikirim ke kabupaten/kota. Dia mencontohkan, naskah UN untuk kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), justru nyasar di Maumere, Sikka. “Ini bagaimana, kami mau distribusikan kembali ke kabupaten setempat,” katanya. Jumlah siswa peserta UN tingkat SMA/SMK di NTT berjumlah 55.810 siswa, terdiri dari SMA 38.464 siswa dan SMK 16.346 siswa. (Ado)

Baca Juga :  Gubernur NTT Setuju Pencetakan UN Dikembalikan ke Daerah

 

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]