Home / Kesehatan / Tiga RS Ini Belum Miliki Alat Pengolah Limbah Medis

Tiga RS Ini Belum Miliki Alat Pengolah Limbah Medis

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Ary Wijana

NTTTERKINI.COM Kupang – Terdapat tiga Rumah Sakit (RS) Swasta di Kota Kupang,  Nusa Tenggara Timur (NTT) yang hingga saat ini belum miliki alat pengolah limbah medis. Tiga RS itu yakni Leona,  Dedari dan Siloam.

“Masih ada tiga Rumah Sakit  yang belum memiliki alat pengelola limbah medis atau incinerator,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kupang, Ari Wijana kepada wartawan,  Selasa,  6 Februari 2018.

Menurut dia, setiap jajaran kesehatan pasti ada limbah medis, sehingga produk internal medis perlu diolah. Masalahnya masih ada rumah sakit yang tidak memiliki incinerator.

Dari sepuluh Rumah Sakit swasta di Kota Kupang,  kata dia,  terdapat tiga diantaranya tidak memiliki incenerator, sehingga limbah medis dari ketiga sarana pelayanan kesehatan harus menjalin kerjasama operasional dengan pihak ketiga yang memiliki ijin incenerator secara legal dan dapat mengolah limbah medis.

Baca Juga :  Belum Vaksin Meningitis, Jemaah Haji Ini Tetap Berangkat

“Masih terdapat tiga RS yang tidak memiliki incinerator, sehingga wajib bekerjasama dengan pihak ketiga, karena prinsipnya bagaimana agar limbah medis ini tidak berdampak kesehatan pada siapapun,” tambah Wijana.

Terdapat dua jenis limbah medis yakni padat dan cair. Limbah padat harus dihancurkan melalui incenerator, dengan aturan mutlak, cerobong asap incenerator berjarak minimal 40 meter dari pemukiman penduduk dengan ketinggian capai 14 meter.

Sedangkan pengolahan sampah medis cair wajib memiliki (Instalasi Pengolahan Limbah) IPAL. (Lid)

Share Button

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]