Home / Polkam / TNI akan Bangun Korem di Flores

TNI akan Bangun Korem di Flores

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Danrem Brigjen TNI Achmad Yuliarto

Danrem Brigjen TNI Achmad Yuliarto

NTTTERKINI.COM, Kupang – Komandan Korem 161/Wirasakti Kupang Brigjen TNI Achmad Yuliarto mengakui pihaknya sudah mengusulkan ke Markas Besar (Mabes) Tentara Nasional Indonesia (TNI) agar Korem 161/Wirasakti Kupang ditingkatkan statusnya menjadi Komando Daerah Militer (Kodam).

“Jika itu terjawab, akan dibentuk tiga Korem baru yakni Korem Flores di Ende, Korem Timor di Atambua dan Korem Sumba di Waingapu,” katanya saat acara temu wartawan di Aula Makorem 161/Kupang, Rabu, 25 Juni 2014.

Wilayah kerja Kodam IX Udayana saat ini, menurut dia, sudah sangat luas, karena meliputi tiga provinsi yakni Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Untuk NTT yang menjadi wilayah kerja Korem 161/Wirasakti Kupang sangat luas dari dua provinsi lainnya, karena itu memang sangat pantas untuk ditingkatkan statusnya menjadi Kodam.

Baca Juga :  KPU Rilis Quick Count Pilkada Melalui Website

Selain itu, Korem ini juga berada di daerah perbatasan antara Indonesia dan Timor Leste dengan beragam persoalannya. Karena itu sangat perlu diberikan perhatian khusus seperti menaikkan statusnya dari Korem menjadi Kodam.

Jika Korem 161/Wirasakti Kupang naik statusnya menjadi Kodam, maka pimpinannya atau Komandannya akan berpangkat Mayor Jenderal. Sejalan dengan kenaikan status Korem itu lanjutnya, akan dibentuk juga tiga korem baru di wilayah ini. Pertama Korem Flores berpusat di Ende, kedua Korem Timor berpusat di Atambua dan Korem ketiga untuk wilayah Sumba berpusat di Waingapu. “Kami sudah usulkan ke Mabes TNI, dan kini kami masih menunggu kajian dan jawaban dari Mabes,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]