Home / Sosbud / Trauma Gempa, Warga Sumba Timur Enggan Kembali ke Rumah

Trauma Gempa, Warga Sumba Timur Enggan Kembali ke Rumah

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Warga Sumba Timur mengungsi

NTTTERKINI.COM, Kupang – Sebagian warga Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) memilih bertahan di perbukitan dan enggan kembali ke rumah mereka, karena trauma dengan gempa Palu yang ditonton di televisi.

“Mungkin, mereka trauma, dan masih takut, sehingga masih enggan kembali ke rumah masing-masing,” kata Wakil Bupati Sumba Timur, Umbu Lili Pekuali, Kamis, 4 September 2018.

Menurut dia, pemerintah daerah (Pemda) telah mengeluarkan himbauan kepada warga yang mengungsi untuk kembali ke rumah, karena tidak terjadi tsunami. “Warga tahu tidak ada tsunami. Kami berharap hari ini semua sudah krmbali ke rumah masing-masing,” katanya.

Dia mengaku hingga malam tadi, Sumba Timur maaih diguncang gempa dengan kekuatan magnitudo 4,8. “Gempa masih dirasakan hingga malam tadi, tapi tidak ada dampak kerusakan,” ujarnya.

Baca Juga :  Cuaca Buruk, Pelayaran di NTT Kembali Ditutup

Guna mengantisipasi ancaman gempa di daerah itu, dia mengatakan Pemda Sumba Timur sedang melakukan sosialisasi tentang bahaya bencana gempa dan upaya penanganannya. “Sosialisasi dilakukan di sekolah dan kelurahan terkait gempa,” ujarnya.

Sudah tiga hari ini Sumba Timur diguncang gempa yang mengakibatkan warga di pesisir pantai itu mengungsi ke tempat yang lebih tinggi untuk menyelamatkan diri. (Ado)

Share Button

Komentar ANDA?

Tags : # #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]