Home / Polkam / TTS dan SBD Rawan Pelanggaran Dan Konflik Pilkada

TTS dan SBD Rawan Pelanggaran Dan Konflik Pilkada

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Bawaslu NTT

Bawaslu NTT

NTTTERKINI.COM, Kupang – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Nusa Tenggara Timur (NTT) menyatakan terdapat dua kabupaten yakni, Timor Tengah Selatan (TTS) dan Sumba Barat Daya (SBD) yang dianggap memiliki tingkat kerawanan tertinggi pelanggaran dan konflik saat gelaran Pemilihan Kepala daerah (Pilkada) serentak 2018.

“TTS dan SBD adalah dua kabupaten yang mendapat perhatian khusus dari Bawaslu, karena dianggap berpotensi rawan konflik dan pelanggaran cukup tinggi saat Pilkada nanti,” kata Ketua Bawaslu NTT, Thomas M.Djawa saat mengelar rapat pengawasan pemilu partisipatif bersama insan pers, Jumat, 08 Desember 2017.

Menurut dia, berdasarkan survey Indeks Kerawanan Pemilu (IKP), Kabupaten
TTS dinyatakan memiliki peluang kerawanan dan terjadi konflik pilkada yang cukup tinggi. TTS menduduki peringkat pertama dari 10 kabupaten yang akan melaksanakan pilkada serentak di NTT.

Baca Juga :  Ray Fernandez Mundur dari PDIP

“Kami, awalnya mengkuatirkan SBD, tapi setelah dilakukan survey dan ditetapkan IKP, TTS menjadi peringkat pertama tingkat kerawanan,” tambah Thomas.

Faktor topografi, struktur wilayah yang luas, jumlah pemilih, dan kualitas sumber daya manusia (SDM), menjadi hal-hal yang masuk dalam survey indeks kerawanan yang mencakup dimensi penyelenggaraan yang berkaitan dengan integritas dan profesionalitas penyelenggara, kontestasi, dan partisipasi pemantau pemilu dan perlindungan terhadap hak pilih yang minim.

Bawaslu berharap pengawasan pemilu partisipatif yang terdiri dari semua elemen masyarakat termasuk media massa, harus mampu bekerjasama dalam melakukan optimalisasi pencegahan, pengawasan, penindakan pelanggaran dan penyelesaian sengketa demi mewujudkan pemilu yang
bersih, bebas isu SARA, politik uang, pemanfaatan fasilitas negara serta menghindari keterlibatan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Baca Juga :  Warga Ende Minta Harmoni Perhatikan Nasib Nelayan

”Hal ini merupakan bentuk pengawasan bersama demi mewujudkan pilkada yang bersih di NTT,” tutupnya.

10 kabupaten yang akan melaksanakan pilkada serentak diantaranya, kabupaten Kupang, TTS, Alor, Rote Ndao, Nagakeo, Sikka, Ende, Sumba Tengah, SBD dan kabupaten Manggarai Timur. (Lid)

Share Button

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]