Home / Polkam / Tunas Resmi Gugat KPU NTT ke MK

Tunas Resmi Gugat KPU NTT ke MK

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Ibrahim  Medah-Melki Laka Lena (by Joohn Seo)

Ibrahim Medah-Melki Laka Lena (by Joohn Seo)

NTTTERKINI.COM, Kupang – Pasangan calon Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Ibrahim Agustinus Medah- Melki Laka Lena (Tunas), Senin, 1 April 2013 resmmi mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait kecurangan pemilu kepala daerah (Pilkada) Gubernur NTT periode 2013-2018.

“Kami sudah daftarkan gugatan ke Mahkamah konstitusi,” kata Syamsudin, pengacara pasangan calon Ibrahim Medah- Melki Laka Lena yang dihubungi, Selasa, 2 April 2013.

Dasar gugatan itu, menurut dia, terkait hilangnya suara pasangan calon yang diusung Partai Golkar pada Pilkada 18 Maret 2013 lalu di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) sebanyak 960 suara di 8 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Baca Juga :  Pembatalan SK Mutasi, Sekda: Baru Pertama Terjadi di Indonesia

“Ada dugaan manipulasi c1 Kwk yang merugikan pasangan calon Ibrahim Medah- Melki Laka Lena. Ada c1 yang di sudah tipe ex,” katanya.

Hilangnya suara itu, menurut dia, menyebabkan pasangan Tunas gagal lolos ke putaran kedua untuk bertarung melawan pasangan calon PDIP, Frans Lebu Raya- Beny Litelnony (Frenly), ppada 15 Mei 2013. “Harusnya Ibrahim Medah- Melki Laka Lena yang maju ke putaran kedua pilkada NTT,” katanya.

Gugatan lainnya yakni ditemukan keterlibatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang dilakukan pasangan calon nomor urut 4, Frans Lebu Raya- Beny Litelnony. “Dua alasan itu yang mendasari Tunas ajukan gugatan,” katanya.

Saat ini, katanya, tim Tunas sedang melakukan investigasi, lokasi dimana suara jago Golkar ini hilang. “Kami optimis menang, karena secara matematis, sudah diketahui berapa banyak suara kami yang hilang,” katanya.

Baca Juga :  Kampanye Damai Hasilkan Pemimpin Berkualitas

Juru Bicara KPU NTT, Djidon de Haan mengatakan, siap menghadapi gugatan pasangan calon gubernur NTT, Ibrahim Medah- Melki Laka Lena. “Kita siap hadapi gugatan pasangan calon ke MK,” katanya.

KPU NTT, katanya, telah mneyiapkan pengacara negara, saksi, sokumen dan bukti. “Semuanya sudah kami siapkan untuk menghadapi gugatan pilgub NTT,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]