Home / Ekbis / Tunggak Pajak Rp100 Juta, 10 Pengusaha Terancam di Penjara

Tunggak Pajak Rp100 Juta, 10 Pengusaha Terancam di Penjara

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

MoU Kemenkumham NTT dan KPP Kupang

NTTTERKINI.COM,.Kupang – Kantor Pajak Pratama (KPP) dan Kementrian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) akan melakukan penyaderaan atau menahan (penjara) 10 pengusaha yabg menunggak kewajiban hingga sebesar Rp100 juta.

”Di NTT ada banyak, tapi kami pilih yang tunggakannya hingga Rp100 juta. Ada sekitar 10 wajib pajak yang bandel,” kata Kepala Bidang Penyuluhan Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Nusa Tenggara, Tri Bowo saat melakukan penandatangan kerjasama bersama Kemenkumham terkait pelaksana tugas perpajakan, Senin, 17 Juni 2019.

Dia mengaku tekah menerbitkan ketetapan pajak produk hukum, dan akan tagih hingga dibayarkan, jika tidak membayar maka akan dikeluarkan surat paksa.

Baca Juga :  Pertanian Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi di NTT

Untuk wilayah NTT tercatat sejumlah 10 pengusaha memiliki tunggakan hingga Rp100 juta, sehingga tindakan law and force terakhir
akan disandera atau gijzeling dan ditahan di Rumah Tahanan Negara (Rutan).

Kepala Kemenkumham NTT, Asep Syarifudin mengatakan sinergi KPP dan kemenkumham berkaitan dengan kewajiban wajib pajak untuk membayar pajak tepat waktu, namun jika ada wajib pajak yang sulit melunasi pajak, maka kemenkumham akan menempatkan wajib pajak pada rutan sebagai bentuk hukuman dan efek jera hingga melunasi hutang pajak tertanggung.

“Jika di luar ada wajib pajak yang susah melunasi pajak, kami akan menempatkan di rutan atau di lapas sebagai bentuk hukuman agar ada efek jera,” kata Asep.

Baca Juga :  Sabu Raijua Akan Bangun Lagi Tiga Pabrik

Adapun perjanjian kerjasama tersebut antara lain kerjasama pertukaran data dan informasi, penitipan penanggung pajak yang di sandera pada rutan, kerjasama intelejen terhadap wajib pajak, penanggung pajak atau orang asing, pengawasan dan upaya penegakan hukum pidana dan administratif serta penyuluhan dan pelatihan perpajakan pemasyarakatan dan keimigrasian. (Lid)

Share Button

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]