Home / Sosbud / UMP NTT Ditetapkan Rp 1,1 Juta

UMP NTT Ditetapkan Rp 1,1 Juta

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Tuntut UMP layak

Tuntut UMP layak

NTTTERKINI.COM, Kupang – Dewan pengupahan Nusa Tenggara Timur (NTT) menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) sebesar Rp 1.125.000 atau mengalami kenaikan sebesar Rp 100 ribu dari sebelumnya sebesar Rp 1.025.000.

“Dewan pengupahan sudah tetapkan UMP NTT sebesar Rp 1.125.000,” kata Ketua Serikat Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI), Nusa Tenggara Timur (NTT) Stanis Tefa, Rabu, 6 November 2013.

Kenaikan UMP ini, menurut dia, sudah dilakukan melalui kajian yang dilakukan dewan pengupahan dan akan mulai berlaku pada 1 Januari 2014. “Hanya menunggu penetapan Gubernur NTT dan sosialiasi kepada masyarakat,” katanya.

Dia mengatakan, UMP yang ditetapkan masih dibawah standar layak hidup di daerah ini. “Layak atau tidak sangat relatif. Tidak layak, jika rumah dan tempat kerja jaraknya capai 20 kilometer (km), dan sebaliknya layak, jika rumah dan tempat kerja dekat,” katanya.

Baca Juga :  Bangun Kantor, Gubernur Ingatkan WK Kerja Tepat Waktu

Masalah utamanya, katanya, bukan layak atau tidaknya, tapi pelaksanaannya, apakah perusahaan telah membayar karyawan atau buruh sesuai UMP atau tidak?, sehingga diperlukan pengawasan. “Perlu adanya pengawasan yang ketat, sehingga buruh dibayar sesuai UMP yang ditetapkan,” katanya.

Gubernur NTT, Frans Lebu Raya mengatakan pemerintah masih menunggu pembahasan UMP oleh dewan pengupahan sebelum ditetapkan. “Dewan pengupahan masih membahasnya,” kata Frans. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]