Home / Kesehatan / Wabah Campak Landa TTS, Belasan Balita Masih Dirawat

Wabah Campak Landa TTS, Belasan Balita Masih Dirawat

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Ilustrasi

Ilustrasi

NTTTTERKINI.COM, Kupang – Sedikitnya enam belas balita di Desa Nuapin, Kecamatan Fatumnasi, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT) maisih menjalani perawatan di tenda-tenda darurat di desa itu akibat wabah campak yang menyerang balita di desa tersebut.

“Masih ada belasan balita yang dirawat, karena wabah campak,” kata dokter PTT Kecamatan Fatumnasi, dokter Nelly, Kamis, 10 Oktober 2013. Wabah campak yang melanda desa tersebut telah merengut 10 jiwa yang rata-rata adalah balita.

Wabah campak yang melanda desa ini, menurut dia, sudah terjadi sebulan terakhir ini yang disebabkan mobili virus yang menyebar melalui udara dan debu. Biasanya menular melalui batuk, infeksi tetes riak pada hidung yang menyebar ke seluruh tubuh.

Baca Juga :  RSUD SK Lerik Punya 10 Dokter Spesialis

Serangan campak membuat anak-anak demam tinggi hingga tubuh muncul bintik-bintik merah. Namun, wabah campak biasanya tidak menimbulkan kematian. “Jika korban meninggal disebabkan anak itu menderita gizi buruk dan gizi kurang,” katanya.

Membantu pemulihan pasien campak, kkatanya, anak-anak diberi obat-obatan, makanan tambahan, seperti sayur serta lauk. “Kami berikan makanan tambahan, seperti susu untuk memulihkan kesehatan anak,” katanya.

Sementara itu, dinas kesehatan Timor Tengah Selatan dr Hosiani In Rantau mengatakan serangan campak pernah terjadi pada tahun 60-an, namun tidak mengakibatkan korban meninggal. “Serangan kali ini yang paling mematikan, sudah 10 orang meninggal dan ratusan anak dirawat,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]