Home / Polkam / Wacana Provinsi Flores Kembali Dihembuskan

Wacana Provinsi Flores Kembali Dihembuskan

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Frans Lebu Raya

Frans Lebu Raya

NTTTERKINI.COM, Kupang – Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Frans Lebu Raya mengaku siap mendukung pembentukan provinsi Flores yang kembali dihembuskan oleh warga Pulau Flores dan Lembata.

“Saya siap mendukung pembentukan provinsi Flores, asalkan murni aspirasi dari masyarakat,” kata Gubernur NTT Frans Lebu Raya kepada wartawan, Rabu, 11 September 2013.

Wacana pembentukan provinsi Flores ini telah dihembuskan warga Flores dan Lembata usai menggelar musyawarah besar (Mubes) Flores dan Lembata di Ruteng, Manggarai 2004 lalu.

Salah satu anggota tim penggagas pembentukan Provinsi Flores, Rofino Kant menyambut positif sikap Gubernur NTT yang juga putra Flores untuk mendukung dan memperjuangkan provinsi Flores. Namun, dia meminta Gubernur untuk menjadi orang terdepan dalam memperjuangkan provinsi ini. “Gubernur harus menjadi orang terdepan dalam perjuangan ini,” katanya.

Baca Juga :  Pilkada Kota Kupang, Bawaslu Pertanyakan Data Pemilih

Gubernur harus memimpin para bupati se-daratan Flores dan Lembata untuk memperjuangkan pembentukan provinsi Flores. “Bupati di daratan Flores juga harus berjuang untuk pembentukan provinsi Flores,” katanya.

Terkait dengan lokasi Ibu Kota Provinsi Flores yang masih diperdebatkan, katanya, ada dua lokasi yang akan ditawarkan ke pemerintah pusat sebagai ibu kota Provinsi yakni Mbay di Kabupaten Nagekeo dan Maumere, Kabupaten Sikka.

“Kedua tempat ini memang pantas. amun, Maumere juga masih berjuang untuk menjadikan kota admisnitratif. Karena itu, Mbay mungkin lebih pantas jadi calon ibu kota,” katanya.

DPRD NTT 2006 lalu pernah mengusulkan ke pemerintah pusat terkait pembentukan provinsi Flores, namun belum dibahas sampai saat ini. Karena adanya perbedaan pendapat terkait lokasi ibu kota provinsi itu. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]